Imam, Khairul (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 2 Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_KHAIRUL_IMAM_1309207_502_2018.pdf [thumbnail of B1_01_KHAIRUL_IMAM_1309207_502_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_KHAIRUL_IMAM_1309207_502_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang memperoleh hasil belajar bahasa Arab yang rendah. Strategi pembelajaran dan motivasi belajar merupakan faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran, (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa, (3) menguji apakah terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar, (4) menguji apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. (5) menguji apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif asosiatif. Populasi penelitian adalah siswa MAN 2 Pasaman Barat kelas X dan XI tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 231 orang, sampel sebanyak 98 orang, yang dipilih dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil uji reliabilitas strategi pembelajaran guru menunjukkan 0,963.
Hasil uji validitas motivasi belajar menunjukkan, 0,963. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi linear berganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa, (1) strategi pembelajaran secara umum berada pada kateori baik dengan persentase 69,39 (2) motivasi belajar secara umum berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 67,37
(3) hasil belajar bahasa Arab siswa secara umum berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 38,77 (4) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa (nilai signifikansi 0,002 ≤ 0,05), dan nilai R sebesar 0,454 dengan nilai R Square 0,206 yang menunjukkan koefisien korelasi (5) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab (nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05), dan R sebesar 0,559 pada koefisien regresi. Nilai
R square sebesar 0,312 (6) secara bersama-sama terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab (nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05) dan nilai R sebesar 0,610 pada koefisien regresi ganda,
nilai R square sebesar 0,372. Implikasi hasil penelitian dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4641 |