Fadiah, Nela (2016) Pengembangan Modul Matematika pada Materi Bilangan untuk Siswa Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NELA_FADIAH_15966_1553_2016.pdf [thumbnail of B1_02_NELA_FADIAH_15966_1553_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NELA_FADIAH_15966_1553_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Salah satu bahan ajar yang digunakan siswa selama proses pembelajaran berupa buku teks. Penyajian buku tersebut kurang membuat siswa untuk memahami materi yang dipelajari dan menuntun mereka untuk menemukan sendiri suatu konsep. Penyajian materi dalam buku tersebut kurang menarik bagi
siswa. Akibatnya, siswa kurang suka untuk mempelajari buku, siswa lebih suka mendengar penjelasan dari guru. Oleh sebab itu, dikembangkan suatu bahan ajar berupa modul yang dapat membuat siswa tertarik untuk mempelajarinya serta
mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang valid dan praktis untuk siswa SMP kelas VII.
Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analisa (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implement), evaluasi (Evaluate) dalam penelitian ini hanya digunakan sampai
tahap implementasi. Tahap analisa kebutuhan dilakukan dengan menganalisis
silabus dan bahan ajar. Setelah melakukan analisis kebutuhan selanjutnya dilakukan perencanaan dan penyusunan modul. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas modul oleh dua orang dosen matematika, satu orang guru
matematika dan satu orang guru Bahasa Indonesia. Setelah mendapatkan modul matematika yang valid dilakukan one-to-one evaluation (evaluasi satu-satu) dan small group evaluation (evaluasi kelompok kecil) untuk mengetahui praktikalitas
modul. Dari penelitian ini dihasilkan modul matematika yang berisi materi bilangan bulat dan bilangan pecahan. Hasil uji validitas modul menunjukkan bahwa modul matematika yangdihasilkan telah valid, dilihat dari aspek kelayakan,
kebahasaan, penyajian dan kegrafikkan Berdasarkan hasil praktikalitas diketahui bahwa modul matematika yang dihasilkan juga sudah praktis khususnya modul 1
dan modul 2 dilihat dari aspek kemudahan penggunaan, daya tarik dan manfaat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4640 |