Jufriati, Jufriati (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tualang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JUFRIATI_1109852_5804_2017.pdf [thumbnail of B1_01_JUFRIATI_1109852_5804_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JUFRIATI_1109852_5804_2017.pdf
Download (512kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) Perbedaan hasil belajar sosiologi siswa yang menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan model konvensional; (2) interaksi antara penggunaan model pembelajaran TGT dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa; (3) perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelompok dengan pengetahuan awal tinggi yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan pengetahuan awal tinggi yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (4) perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelompok dengan pengetahuan awal rendah yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan pengetahuan awal rendah yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tualang, yang berjumlah 172 siswa dan terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, peneliti menjadikan kelas XI IPS.3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS.4 yang berjumlah 32 siswa juga sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pengetahuan awal dan tes hasil belajar. Data kemudian di analisis dengan uji-t dan anava. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Model TGT memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar. Hasil belajar dengan menggunakan model TGT lebih baik dari model konvensional , (2) tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal dengan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa, (3) Model TGT memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, (4) Model TGT memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal rendah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:00 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4634 |