Alimarni, KS (2013) Kontribusi Iklim Kerjasama dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ALIMARNI_KS_59909_2924_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ALIMARNI_KS_59909_2924_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ALIMARNI_KS_59909_2924_2013.pdf
Download (629kB)
Abstract
Masalah yang ditemui dilapangan bahwa sebagian guru masih kurang
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, sebagian guru terkesan
melaksanakan tugas asal-asalan, tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh
untuk membelajarkan siswa dengan baik, tidak membuat persiapan dan perangkat
pembelajaran, sebagian guru datang kesekolah hanya sekedar mengajar, sebagian
guru kurang bersemangat dalam mengajar, masih banyak diantara guru yang
cenderung kurang bisa memanfaatkan kesempatan atau waktu luangnya untuk
berkreativitas hal ini dapat dilihat dari ketidakseriusan guru. Tujuan penelitian ini
adalah iklim kerjsama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru, kepemimpinan
transformasional berkontribusi terhadap motivasi kerja guru, iklim kerjasama dan
kepemimpinan transformasional secara bersama-sama berkontribusi terhadap
motivasi kerja guru.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru SD Negeri Gugus I yang berstatus pegawai negeri
Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel dalam penelitian
berjumlah 64 orang yang diambil menggunakan teknik stratified proportional
random sampling. Instrument yang digunakan berupa angket dengan model skala
likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklim Kerjasama berkontribusi
terhadap Motivasi kerja guru SD Negeri Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir
Selatan
dengan
besaran
kontribusi
sebesar
16,3%,
Kepemimpinan
transformasional berkotribusi terhadap Motivasi kerja guru SD Kecamatan IV
Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 14,0%, Iklim kerjasama
dan kepemimpinan transformasional secara bersama-sama berkontribusi terhadap
Motivasi kerja guru sebesar 27,8%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk
meningkatkan Motivasi kerja guru yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan
melalui peningkatan iklim kerjasama dan kepemimpimpinan transformasional
yang lebih baik agar terciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman
bagi guru dalam melakukan tugasnya sebagai tenaga pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:00 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4627 |