Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMA Negeri 2 Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Maizirwan, Maizirwan (2012) Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMA Negeri 2 Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAIZIRWAN_10644_5921_2012.pdf] Text
B1_1_MAIZIRWAN_10644_5921_2012.pdf

Download (181kB)

Abstract

Peran guru sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Untuk memastikan apakah guru melakukan pembelajaran sesuai dengan standar
dan untuk pembinaan guru secara berkelanjutan diperlukan supervisi akademik
oleh kepala sekolah. Melihat fenomena rendahnya nilai Ujian Nasional siswa dan
kurang efektifnya pelaksanaan supervisi akademik di SMAN 2 Tilatang Kamang,
Peneliti melakukan penelitian di tempat itu untuk mengetahui secara pasti seperti
apa pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMAN 2
Tilatang Kamang, apakah ada program yang operasional, pelaksanaan dan tindak
lanjutnya serta sikap guru terhadap supervisi.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan studi dokumen. Wawancara menggunakan teknik
“snowball sampling”. Informan terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah,
guru-guru, peserta didik, dan komite sekolah. Penelitian ini menerapkan langkahlangkah
yang disarankan oleh Miles dan Hubermann (1994) yang terdiri dari; 1)
pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) menampilkan data, 4) menarik kesimpulan
dan verifikasi, serta 5) menulis laporan hasil penelitian. Penjaminan keabsahan
data dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kepala sekolah belum memiliki
program supervisi akademik, 2) Supervisi Akademik oleh kepala sekolah hanya
dadakan, 3) Kepala Sekolah belum menindaklanjuti hasil supervisi, dan 4) Guru
merasa grogi karena tujuan dan fungsi supervisi akademik belum dipahami guru.
Dari hasil penelitian ini, Peneliti menyimpulkan bahwa; 1) pelaksanaan
supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 2 Tilatang Kamang belum
terlaksana sesuai dengan standar supervisi, 2) Kepala sekolah belum
menindaklanjuti hasil supervisi, dan 3) Guru merasa grogi disupervisi oleh kepala
sekolah karena tujuan dan fungsi supervisi akademik belum dipahami guru.
Pada tesis ini, Peneliti menyarankan; 1) kepada kepala sekolah, (a) agar
menyusun dokumen supervisi akademik pada awal tahun pelajaran, (b) menulis
dan melaksanakan program tindak lanjut hasil supervisi akademik, (c) memahami
kepribadian guru dalam pelaksanaan supervisi, 2) kepada para guru, mempelajari
dan memahami konsep, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup supervisi akademik
untuk memperbaiki proses pembelajaran, 3) kepada pihak terkait, dalam merekruit
kepala sekolah agar mengacu kepada Standar Kompetensi Kepala Sekolah, dan 4)
kepada Dinas Pendidikan/Pengawas Sekolah Kabupaten Agam disarankan
melakukan penilaian kinerja kepala sekolah secara berkala dan melakukan
pembinaan bagi kepala sekolah yang kinerjanya dibawah rata-rata.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:00
Last Modified: 25 Mar 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item
View Item