Almujafri, Almujafri (2011) Kontribusi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Bukitinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ALMUJAFRI_51554_2969_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ALMUJAFRI_51554_2969_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ALMUJAFRI_51554_2969_2012.pdf
Download (223kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan, terindikasi kinerja guru
SMK Negeri Kota Bukittinggi terkesan belum memuaskan. Guru belum optimal
mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. Supervisi
akademik oleh pengawas sekolah belum terlaksana secara optimal. Iklim
Komunikasi anatar warga sekolah kurang kondusif dan harmonis. Apabila
keadaan ini dibiarkan tentu akan berdampak terhadap peningkatan mutu
pendidikan.Fenomena
ini diprediksi disebabkan oleh beberapa
faktor,
diantaranya faktor supervisi akademik oleh pengawas sekolah dan iklim
komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis
seberapa besar kontribusi supervisi akademik pengawas sekolah dan iklim
komunikasi terhadap kinerja guru SMK Negeri Kota Bukittinggi baik secara
sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasinya adalah
seluruh guru SMK Negeri Kota Buittinggi berjumlah 287 orang, sedangkan
sampel berjumlah 78 orang yang ditetapkan dengan teknik Stratified Proportional
Randoom Sampling dan strata yang digunakan adalah strata tingkat pendidikan
dan masa kerja. Data diperoleh dengan menggunakan angket skala Likert yang
telah diuji kesahihan dan keandalannya.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa supervisi akademik pengawas
sekolah berkontribusi cukup signifikan terhadap kinerja guru sebesar 7.5 %. Iklim
komunikasi berkontribusi secara signifikan sebesar 11.6 % sedangkan supervisi
akademik pengawas sekolah dan iklim komunikasi secara bersama-sama
berkontribusi sebesar 16,8 %. Analasis data tersebut, telah menunjukkan bahwa
ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Dari hasil temuan dapat
disimpulkan bahwa supervisi akademik pengawas sekolah dan iklim komunikasi
merupakan dua variable bebas yang berdampak positif terhadap variable terikat
kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru SMK Negeri Kota Bukittinggi
perlu ditingkatkan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah secara
terprogram dan berkelanjutan serta menindaklanjuti hasilnya dan menciptakan
iklim komunikasi yang kondusif, harmonis antar warga sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4620 |