Lumbantoruan, Jagar (2017) Pengembangan Pembelajaran Solfegio Berbasis Direct Instruction. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_08_JAGAR_LUMBANTORUAN_1304391_5828_2017.pdf [thumbnail of B1_7_08_JAGAR_LUMBANTORUAN_1304391_5828_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_08_JAGAR_LUMBANTORUAN_1304391_5828_2017.pdf
Download (356kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari kondisi pembelajaran musik
mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan solfegio yang lemah,
kemampuan yang rendah mentransfer solfegio ke konteks tertentu secara otomatis
walaupun sudah mempelajarinya, ketersediaan materi pelajaran, silabus dan SAP,
metode yang tepat, dan media pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut di
atas, peneliti merasa perlu untuk mendesain sebuah penelitian yang terkait dengan
pembelajaran solfegio yang pada akhirnya menghasilkan kurikulum solfegio yang
valid dan reliabel, praktis dan lengkap. Dasar dari pengembangan model ini
adalah dengan menggunakan teori ADDIE.
Penelitian ini termasuk dalam kelompok penelitian dan pengembangan
(research and development). Subjek penelitian adalah mahasiswa keahlian musik
di Jurusan Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Instrumen pengumpulan
data adalah dengan menggunakan interview, angket, uji-coba, test performa.
Untuk menganalisis data mentah, melihat tingkat reliabilitas, dan praktikalitas,
peneliti menggunakan rumus Rho Spearman Brown dan hasilnya adalah bahwa rperoleh
1,2 melampaui r-tabel 0,349 dengan tingkat signifikansi 95% (galat 0,05),
atau galat 0,01, yakni 0,449.
Untuk membuktikan tingkat efektivitas produk penelitian ini, peneliti
membandingkan data pre-test dengan data post-test dengan cara mengakumulasi
skor perolehan mahasiswa dengan menggunakan match t-test dan hasilnya adalah
bahwa t-peroleh 9,311 melampaui t-tabel 1,697. Artinya bahwa model
pembelajaran solfegio sebagai produk penelitian ini sangat signifikan efektif
karena hasil t-test sangat jauh melampaui nilai minimal pada t-tabel. Berdasarkan
deskripsi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa model ini sangatlah
bermanfaat bagi dosen dalam pembelajaran solfegio di Jurusan Sendratasik
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Tahun Pembelajaran
2015/2016
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Solfegio Direct Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 01:49 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 01:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4612 |