Putri, Neci Nikmat (2018) Efektivitas Metode Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Taplak Meja Kerut Yoyo Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Quasi Exsperimen Pada Kelas VII di SLB N 1 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NECI_NIKMAT_PUTRI_1200277_1445_2018.pdf [thumbnail of B1_02_NECI_NIKMAT_PUTRI_1200277_1445_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NECI_NIKMAT_PUTRI_1200277_1445_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB N 1 Padang. Terdapat lima orang siswa tunagrahita kelas VII, saat peneliti melakukan pengamatan siswa terlihat bosan dengan pembelajaran keterampilan dikarenakan kurangnya variasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas metode proyek untuk meningkatkan keterampilan membuat taplak meja kerut yoyo bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode exsperimen dengan bentuk preexperimental design atau sering disebut quasi experiment dengan jenis one group
pretest-posttest design. Subjek yang terdiri dari lima orang siswa diberikan pretest selanjutnya diberikan teatment dengan metode proyek, dan dilanjutkan dengan memberikan posttest untuk melihat kemampuan setela treatment. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari lima orang siswa dalam membuat taplak meja kerut yoyo setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest yaitu 60,62% sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yaitu 81,3% data diolah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh U
hit = 4,5 dan U = 4 dengan n = 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Ha diterima karena Utab, jadi
terbukti bahwa metode proyek efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat taplak meja kerut yoyo bagi anak tunagrahita kelas VII di SLB N 1 Padang. hit > U
tabPenelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB N 1 Padang. Terdapat lima orang siswa tunagrahita kelas VII, saat peneliti
melakukan pengamatan siswa terlihat bosan dengan pembelajaran keterampilan dikarenakan kurangnya variasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan
efektivitas metode proyek untuk meningkatkan keterampilan membuat taplak meja kerut yoyo bagi anak tunagrahita ringan.
Penelitian ini menggunakan metode exsperimen dengan bentuk preexperimental design atau sering disebut quasi experiment dengan jenis one group pretest-posttest design. Subjek yang terdiri dari lima orang siswa diberikan pretest selanjutnya diberikan teatment dengan metode proyek, dan dilanjutkan dengan memberikan posttest untuk melihat kemampuan setelah treatment. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari lima orang siswa dalam membuat taplak meja kerut
yoyo setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest yaitu 60,62% sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yaitu 81,3% data diolah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh U hit = 4,5 dan U = 4 dengan n = 5
pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Ha diterima karena U
tab, jadi terbukti bahwa metode proyek efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat taplak meja kerut yoyo bagi anak tunagrahita kelas VII di SLB N 1 Padang. hit > Utab
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4610 |