Model Pembelajaran DILA pada Matakuliah Fisika Terapan Teknik Pertambangan

Fadhilah, Fadhilah (2018) Model Pembelajaran DILA pada Matakuliah Fisika Terapan Teknik Pertambangan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_FADHILAH_14193007_4822_2018.pdf] Text
B1_7_08_FADHILAH_14193007_4822_2018.pdf

Download (679kB)

Abstract

Fisika Terapan merupakan salah satu matakuliah wajib keilmuan dan keterampilan
pada program studi D3 Teknik Pertambangan. Kurikulum berdasarkan KKNI menyatakan
salah satu capaian pembelajaran lulusan D3 adalah menguasai konsep teoritis sains alam,
mampu menerapkannya untuk menyelesaikan masalah rekayasa pada bidang spesialisasi
yang dihadapi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah Contextual Teaching
and Learning. Sebagai sebuah model pembelajaran, CTL belum dilengkapi dengan sintak
pembelajaran. CTL memiliki prinsip yaitu; konstruktivisme, inquiry, questioning,
learning community, modelling, reflection dan authentic assessment. Selama ini.
pembelajaran masih berpusat pada dosen dan mahasiswa kurang memahami penerapan
materi pada industri pertambangan. Penting dikembangkan suatu model pembelajaran
berbasis CTL untuk pembelajaran matakuliah Fisika Terapan.
Prosedur pengembangan mengikuti model pengembangan IDI (Instructional
Development Institute) yang terdiri atas define, develop, dan evaluate. Need analysis
dilakukan pada tahapan define. Tahapan develop dilaksanakan dengan melakukan FGD
(Forum Group Discussion) bersama para pakar mengenai rancangan sintak, struktur
model, perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian. Rancangan sintak yang
dikembangkan dari prinsip CTL adalah: Display, Inquiry, Learning community dan
Authentic assessment yang disingkat dengan DILA, sehingga model pengembangan ini
diberi nama Model Pembelajaran DILA. Hasil FGD diujicobakan pada kelas kecil
beranggotakan 7 orang. Hasil ujicoba ini dievaluasi dan dilakukan revisi terhadap model
yang dikembangkan. Hasil revisi ini diujicoba perluas lagi untuk melihat validitas,
praktikalitas dan efektifitas model yang dikembangkan melalui quasi eksperimen dengan
pretest-posttest control group design. 50 orang mahasiswa dilibatkan dalam penelitian
eksperimen ini yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pembelajaran
dengan Model Pembelajaran DILA dilaksanakan di kelas eksperimen dan pembelajaran
secara konvensional di kelas kontrol. Tahapan terakhir adalah evaluate yaitu
mengevaluasi hasil eksperimen dan merevisi lagi jika ada perbaikan sehingga model serta
perangkat pembelajaran ini bisa digunakan.
Hasil validasi oleh para pakar untuk model pembelajaran DILA pada nilai Aiken‟s
(V) 0,82 yang menunjukkan valid, nilai praktisnya 0,83 dan efektifnya dilihat dari hasil
belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dimana terdapat perbedaan hasil
belajar yang sangat signifikan pada taraf kepercayaan 95% dan effect size 0,82 artinya
terdapat pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar dengan menggunakan model
pembelajaran DILA. Produk penelitian berupa Buku Model Pembelajaran, Buku Panduan
Dosen, Buku Panduan Mahasiswa, Buku Materi Pembelajaran Fisika Terapan dan CD
Pembelajaran mempunyai nilai validasi rata-rata 0,8 dan praktisnya pada nilai rata-rata
0,8. Sehingga valid dan praktis untuk digunakan sebagai sistem pendukung model
pembelajaran DILA

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran DILA Fisika Terapan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 01:22
Last Modified: 25 Mar 2025 01:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item
View Item