Maitalely, Maitalely (2013) Kontribusi Iklim Komunikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MAITALELY_59925_5488_2013.pdf [thumbnail of B1_1_MAITALELY_59925_5488_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MAITALELY_59925_5488_2013.pdf
Download (390kB)
Abstract
Kinerja guru dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan
kualitas pendidikan. Dan hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa kinerja guru di SMP
Negeri Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisisr Selatan tidak berjalan
sebagaimana mestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, tapi yang
dianggap lebih dominan yaitu iklim komunikasi dan motivasi kerja. Oleh karena itu,
penelitian ini dirancang untuk menyelidiki kontribusi iklim komunikasi dan motivasi
kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten
Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah 1) kontribusi iklim komunikasi terhadap
kinerja guru, 2) kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru, 3) kontribusi iklim
komunikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik metode kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah 123 orang guru SMP
Negeri Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel 54 orang yang
terpilih melalui teknik stratified proportional random sampling. Penelitian analisis
model skala Likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara
statistik menggunakan teknik korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim Komunikasi berkontribusi terhadap
kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan
dengan besaran kontribusi sebesar 14,6%, motivasi Kerja berkontribusi terhadap kinerja
guru SMP Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran
sebesar 16,1%, Iklim Komunikasi dan Motivasi Kerja secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru sebesar 21,0%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan
kinerja guru yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui Iklim Komunikasi dan
Motivasi Kerja guru
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 00:52 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 00:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4582 |