Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa di SMK Negeri 2 Model Pekanbaru

Mairustuti, Mairustuti (2013) Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa di SMK Negeri 2 Model Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAIRUSTUTI_1109859_5318_2013.pdf] Text
B1_1_MAIRUSTUTI_1109859_5318_2013.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran matematika secara konvensional, (2) hasil belajar siswa yang kreativitas tinggi
yang diajarkan dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan
dengan pembelajaran matematika secara konvensional,(3) hasil belajar siswa yang kreativitas
rendah yang diajarkan dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran matematika secara konvensional, (4) interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan disain penelitian Faktorial
design (2x2). Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan menggunakan
uji t dan ANAVA. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kelompok Teknologi SMK
Negeri 2 Pekanbaru semester genap sebanyak 10 kelas tahun ajaran 2012/2013. Sampel
penelitian diambil berdasarkan kesetaraan kemampuan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran matematika secara konvensional, (2) hasil belajar siswa yang mempunyai
kreativitas tinggi yang diajarkan dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada siswa
yang diajarkan dengan pembelajaran matematika secara konvensional, (3) hasil belajar siswa
yang mempunyai kreativitas rendah yang diajarkan dengan pendekatan open-ended lebih
tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran matematika secara konvensional,
(4) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar
siswa pada pelajaran matematika di SMKN.2 Model Pekanbaru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan open
ended dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa baik secara individual maupun
bersama-sama daripada menggunakan pendekatan Konvensional. Oleh sebab itu
pembelajaran menggunakan pendekatan open ended dapat digunakan dengan materi pelajaran
yang lain, seperti pelajaran IPA, IPS atau yang lain

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 00:52
Last Modified: 26 Mar 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item
View Item