Nifen, Silta Yulan (2011) Evaluasi Program Pengajaran Remedial Mata Diklat Survey Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SILTA_YULAN_NIFEN_87705_468_2012.pdf [thumbnail of B1_01_SILTA_YULAN_NIFEN_87705_468_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SILTA_YULAN_NIFEN_87705_468_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata diklat Survey melatarbelakangi
adanya program pengajaran remedial yang semestinya dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Penelitian dengan menggunakan metode deskriptif evaluatif ini
bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pengajaran remedial yang
sedang dilakukan dalam rangka mencari umpan balik yang akan dijadikan dasar
untuk memperbaiki suatu program.
Penelitian Evaluasi Program Pengajaran Remedial menggunakan model
CIPP (Context Input Process Product) yang biasa digunakan untuk mengevaluasi
suatu program. Model CIPP ini menilai 4 aspek yaitu aspek Konteks, Input
(masukan), proses dan hasil. Penelitian ini mempunyai satu variabel yaitu
Evaluasi Program Pengajaran Remedial Mata Diklat Survey Siswa Kelas X
Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Data dalam penelitian ini
adalah data primer yang diambil melalui angket tertutup. Angket ini diisi oleh 2
kelompok responden terdiri dari guru 5 orang dan siswa 35 orang yang ada di
Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 5 Padang.
Hasil analisis data secara keseluruhan pada Program Pengajaran Remedial
Mata Diklat Survey Siswa Kelas X Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Padang
berkategori baik. Derajat pencapaian pada Evaluasi Program Pengajaran Remedial
menurut penilaian guru sebesar 69 %, sedangkan berkategori sangat baik dengan
nilai derajat pencapaian pada Evaluasi Program Pengajaran Remedial menurut
penilaian siswa sebesar 80 %. Data menunjukkan bahwa pada pengajaran
remedial yang diikuti oleh siswa sudah dilaksanakan sangat baik ini diketahui
berdasarkan dari perhitungan dan analisis data penelitian yang mengacu pada 4
aspek penilaian Model CIPP yaitu komponen konteks, input(masukan), proses dan
hasil. Begitu juga data yang diperoleh dari guru menunjukkan bahwa pada
pengajaran remedial yang diikuti sudah dilaksanakan baik. Hal ini diketahui
berdasarkan dari perhitungan dan analisis data penelitian yang mengacu pada 4
aspek penilaian Model CIPP yaitu komponen konteks, input(masukan), proses dan
hasil. Jadi dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Program Pengajaran Remedial Mata
Diklat Survey Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan sama – sama menilai baik
sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata diklat
Survey.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI PROGRAM PENGAJARAN REMEDIAL |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 07:47 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4578 |