Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMAN 13 Padang

Yurinanda, Sherli (2016) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SHERLI_ YURINANDA_1201263_1201263_1561_2016.pdf] Text
B1_01_SHERLI_ YURINANDA_1201263_1201263_1561_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan penalaran adalah salah satu tujuan pembelajaran matematika sekolah. Namun pada kenyataannya kemampuan ini tidak selalu dapat dicapai oleh siswa secara optimal. Hal ini juga yang dialami siswa kelas X SMAN 13 Padang. Berdasarkan hasil observasi, disimpulkan salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembelajaran di kelas belum mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematisnya dengan baik. Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas X SMAN 13 Padang.
Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 13 Padang. Adapun teknik penarikan sampel adalah Random Sampling dengan undian, sehingga diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian melalui tes akhir berupa tes kemampuan penalaran yang dianalisis dengan uji t dengan taraf nyata .
Berdasarkan analisis terhadap hasil tes akhir diperoleh P-value = 0,000, maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMAN 13 Padang yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Artinya penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMAN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:42
Last Modified: 24 Mar 2025 07:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item
View Item