Maini, Maini (2012) Dampak Motivasi Belajar Siswa dan Kedisiplinan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas Awal Di Gugus IV Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MAINI_51729_5449_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MAINI_51729_5449_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MAINI_51729_5449_2012.pdf
Download (108kB)
Abstract
Fenomena yang ditemui di lapangan bahwa berdasarkan hasil pra survei
yang peneliti lakukan pada tanggal 1 Februari 2011 diperoleh informasi bahwa
hasil belajar siswa kelas awal SD minimal KKM ditetapkan di Kecamatan
Sijunjung rata- rata 7,5 (tujuh koma lima) untuk tiga mata pelajaran (Bahasa
Indonesia, Matematika, IPA). Namun pada kenyataannya di kelas awal SD di
Kecamatan Sijunjung rata- rata hasil belajar siswa kelas awal dalam ketiga mata
pelajaran tersebut jauh di bawah nilai ketuntasan minimal. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui dampak motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar
siswa SD kelas awal Gugus IV Sijunjung Kecamatan Sijunjung, dampak
kedisiplinan guru terhadap hasil belajar siswa SD kelas awal Gugus IV Sijunjung
Kecamatan Sijunjung, dampak motivasi belajar siswa dan kedisiplinan guru
secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SD kelas awal Gugus IV
Sijunjung Kecamatan Sijunjung.
Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional, populasi dan sampel
adalah siswa kelas III SD Gugus IV Sijunjung yang berjumlah sebanyak 246
orang, menjadi sampel sebanyak 72 orang yang diambil secara proportional
random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan model skala
Likert. Pengumpulan data dilakukan pada 21 Oktober 2011. Analisis data secara
deskripsi data, uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis yang diolah dengan
menggunakan komputer SPSS versi 17.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa, motivasi belajar berdampak
terhadap hasil belajar siswa SD Kelas Awal di Gugus IV Sijunjung Kabupaten
Sijunjung dengan besaran dampak sebesar 15,4%, kedisiplinan guru berdampak
terhadap hasil belajar siswa SD kelas awal di Gugus IV Sijunjung Kabupaten
Sijunjung dengan besaran dampak sebesar 10,3%. Motivasi belajar dan
kedisiplinan guru secara bersama-sama berdampak terhadap hasil belajar siswa
sebesar 18,0%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar
siswa yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui peningkatan motivasi
belajar siswa dan meningkatkan kedisiplinan guru
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 07:05 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4553 |