Model Regresi Multilevel Nilai UN SMP Tahun 2010 di Provinsi Sumatera Barat.

Falensia, Gurfany (2012) Model Regresi Multilevel Nilai UN SMP Tahun 2010 di Provinsi Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_GURVANY FALENSIA_01825.pdf] Text
B1_2_GURVANY FALENSIA_01825.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas penelitian tidak akan terlepas dari data yang merupakan bahaninformasi untuk memberikan gambaran spesifik mengenai objek penelitian. Diberbagai disiplin ilmu, antara lain sosial dan biologi sering dijumpai data populasiyang berstruktur hirarki. Data berstruktur hirarki merupakan data yang timbul karenaunit-unit terkumpul dalam kelompok-kelompok sosialnya. Secara umum, modelregresi linear klasik kurang tepat digunakan untuk menganalisis data hirarki, karenaobservasi-observasi pada data hirarki tidak sepenuhnya independen. Model regresiyang tepat untuk data berstruktur hirarki adalah model regresi multilevel. Data nilaiUN SMP tahun 2010 yang diperoleh dari BSNP merupakan salah satu databerstruktur hirarki. Struktur hirarki untuk data ini terdiri dari dua level, yaitu level-1adalah sekolah dan level-2 adalah wilayah Kota/Kabupaten. Berdasarkan uraian diatas, dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana nilai UN yang dicapaiSMP tahun 2010 dengan mempertimbangkan status sekolah dan jumlah SMP diwilayah menggunakan model regresi multilevel. Penelitian ini bertujuan untukmembangun model regresi multilevel yang menggambarkan hubungan antara ratarata total UN SMP dengan mempertimbangkan status sekolah dan jumlah SMP diwilayah, melakukan interpretasi model terbaik, dan mengetahui pengaruh statussekolah dan jumlah SMP di wilayah tehadap rata-rata total UN SMP.Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan dalampenelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Standar NasionalPendidikan (BSNP) tahun 2010. Terdapat 19 Kota/Kabupaten di Sumatera Barat yangterdiri dari 611 sekolah negeri dan swasta. Data yang diperoleh dideskripsikan setelahdilakukan penerapan dari analisis regresi multilevel tersebut. Model-model yangterbentuk dibandingkan dengan menggunakan deviansi untuk mendapatkan modelterbaik. Dari model terbaik tersebut dihitung keragaman yang dapat dijelaskan padalevel setiap level.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh Model Intersep Acak sebagai modelterbaik. Bentuk model:(Model Level-1)(Model Level-2)Keragaman yang dapat dijelaskan oleh peubah bebas level-1 yaitu status sekolahsebesar 4,74% dan keragaman jumlah sekolah di wilayah sebagai peubah bebas level2 dapat dijelaskan sebesar 21,30%. Total keragaman sebesar yang dapat dijelaskanoleh model sebesar 26,04%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MATEMATIKA,REGRESI MULTILEVEL
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:56
Last Modified: 24 Mar 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item
View Item