Preferensi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Konjoin.

Dona, Fitri Maria (2012) Preferensi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Konjoin. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_FITRI MARIA DONA_12896.pdf] Text
B1_2_FITRI MARIA DONA_12896.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan kunci keberhasilan suatu lembaga atauorganisasi yang bergerak di bidang jasa, begitu juga halnya dengan kualitaspelayanan Perpustakaan UNP. Namun ada beberapa permasalahan yang berkaitandengan kualitas pelayanan di Perpustakaan UNP, yaitu pelayanan stafperpustakaan yang kurang memuaskan, ketersediaan koleksi bahan pustaka yangminim dan tidak up to date, serta fasilitas pelengkap yang kurang memadai.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana tingkat kepentingan relatif masing-masing faktor danbagaimana preferensi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan UNP.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kepentingan relatif masingmasing faktor dan mengidentifikasi preferensi mahasiswa terhadap kualitaspelayanan Perpustakaan UNP.Penelitian ini merupakan penelitian survei. Data yang digunakan adalahdata primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan diisi langsungoleh responden. Kualitas pelayanan yang dijadikan faktor dengan masing-masingkomponennya adalah staf perpustakaan (ramah dan sopan, cepat dan tepat,berwawasan luas), koleksi bahan pustaka (buku teks, referensi, karya ilmiah) danfasilitas pelengkap (pendingin ruangan/AC, kursi dan meja, komputer katalog).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konjoin. Hasil daripenelitian ini diperoleh bahwa faktor yang paling penting menurut mahasiswaadalah pelayanan yang diberikan oleh staf perpustakaan. Kualitas pelayanan yangpaling disukai mahasiswa adalah keramahan dan kesopanan staf perpustakaan,koleksi yang paling disukai adalah buku teks dan fasilitas pelengkap yang palingdisukai adalah komputer katalog serta fasilitas yang cukup disukai adalah fasilitaskursi dan meja. Sedangkan untuk kualitas pelayanan yang kurang dan tidakdisukai adalah kecepatan dan ketepatan dan keluasan wawasan staf perpustakaandalam melayani mahasiswa, ketersediaan koleksi karya ilmiah dan koleksireferensi serta fasilitas pendingin ruangan (AC).

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: STATISTIKA, MATEMATIKA, PELAYANAN PERPUSTAKAAN
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika-D3
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:50
Last Modified: 24 Mar 2025 06:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4548

Actions (login required)

View Item
View Item