Mailisda, Mailisda (2010) Kontribusi Pelatihan Guru dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri di Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MAILISDA_10643_3134_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MAILISDA_10643_3134_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MAILISDA_10643_3134_2012.pdf
Download (268kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan terbatas, ditemukan adanya fenomena belum
maksimalnya kinerja guru bahasa Indonesia SMP, seperti (1) perangkat
pembelajaran belum lengkap, (2) proses pembelajaran kurang bermutu, dan (3)
analisis dan tindak lanjut hasil evaluasi belum berjalan dengan baik. Fenomena ini
diduga berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya faktor pelatihan guru dan
motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi
faktor pelatihan guru dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru bahasa
Indonesia. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) pelatihan guru berkontribusi
terhadap kinerja guru bahasa Indonesia, 2) motivasi berprestasi berkontribusi
terhadap kinerja guru bahasa Indonesia; dan 3) pelatihan guru dan motivasi
berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru bahasa
Indonesia.
Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri di Kabupaten Pasaman
berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang aktif mengikuti pelatihan dengan jumlah
63 orang. Karena jumlah anngota populasi kurang dari 100 orang, maka semua
anggota populasi dijadikan sebagai responden (total sampling). Data pelatihan guru
motivasi berprestasi, dan kinerja guru bahasa Indonesia dikumpulkan dengan
angket model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi
dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan telah
teruji pada taraf signifikansi <α=0,05 (kepercayaan 95%). Variabel pelatihan guru
berkontribusi sebesar 8,9% terhadap kinerja guru bahasa Indonesia, variabel
motivasi berprestasi berkontribusi sebesar 11,8% terhadap kinerja guru bahasa
Indonesia. Secara bersama-sama, konstribusi pelatihan guru dan motivasi
berprestasi terhadap kinerja guru bahasa Indonesia adalah 18,5%. Simpulan
penelitian ini adalah pelatihan guru dan motivasi berprestasi merupakan dua
variabel, di samping variabel lain, yang perlu diperhatikan dengan baik untuk
meningkatkan kinerja guru bahasa Indonesia SMP Negeri di Kabupaten Pasaman
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:57 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4544 |