Yualdi, Nadya (2013) Efektifitas Permainan Scrabble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Kesulitan Membaca (single subject research di kelas III SDN 20 Binuang Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NADYA_YUALDI_95908_5057_2013.pdf [thumbnail of B1_02_NADYA_YUALDI_95908_5057_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NADYA_YUALDI_95908_5057_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan yaitu seorang anak di sekolah dasar kelas III SDN 20 Binuang Padang. Anak mengalami kesulitan dalam membaca, merangkai huruf menjadi kata yang tepat,
merubah kata bermakna menjadi kata yang tidak bermakna dan menghilangkan serta menambahkan huruf yang tidak diperlukan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk single subject reseach (SSR) menggunakan desain ABA dan teknik analisa datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak kesulitan
membaca. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur persentase kemampuan anak dalam membaca permulaan.
Berdasarkan hasil penelitian, terlihat kemampuan membaca permulaan anak kesulitan membaca dapat meningkat dengan permainan scrabble. Pada kecendrungan arah data kondisi baseline (A) menurun (-), arah data kondisi intervensi (B) menaik (+) dan pada kondisi baseline (A1) arah data juga menaik (+). Untuk perubahan level kondisi B/A1 dengan perolehan data (+20%) dan pada kondisi B/A2 dengan data (+70%). Selain itu pada persentase overlap B/A1 0%
dan 16,67% pada B/A2 yang berarti pengaruh intervensi terhadap target behaviour sangat baik. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan diterima, yaitu permainan scrabble dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kesulitan membaca kelas III di SDN 20 Binuang Padang.Disarankan agar guru menggunakan permainan scrabble dalam mengajarkan anak membaca.
2
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 05:58 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 05:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4534 |