Folta, Jondra (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Cepat Berbasis Strategi Preview, Assess, Choose, Expedite, Review (PACER) di Kelas V SD Negeri 07 Air Manis Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JONDRA_FOLTA_14124068_1412_2017.pdf [thumbnail of B1_01_JONDRA_FOLTA_14124068_1412_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JONDRA_FOLTA_14124068_1412_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Bahan ajar merupakan suatu sumber informasi yang membantu dalam proses pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal. Bahan ajar bahasa Indonesia yang digunakan masih ada yang kurang memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat. Oleh karena itu, pentingnya pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis Strategi Preview, Asses, Choose, Expedite, Review (PACER). Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar dengan strategi PACER yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang terdiri dari pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Hasil pada tahap define diperoleh analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis peserta didik. Hasil pada tahap design diperoleh rancanagan RPP dan bahan ajar. Tahap development dari uji validitas memperoleh nilai rata-rata RPP 3,65 kategori sangan valid, dan bahan ajar 3, 74 kategori sanagat valid. Tahap praktikalitas memperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan RPP 3,72 kategori sangat praktis, angket respon guru memperoleh persentase 90,63% dengan kategori sangat praktis, angket respon peserta didik memperoleh persentase 90,4% kategori sangat praktis. Tahap uji efektivitas memperoleh hasil rata-rata persentase hasil
penilaian proses membaca cepat adalah 80,16% dengan kategori tuntas. Hasil belajar peserta didik berada diatas KKM dengan ketuntasan 81,90%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis strategi PACER di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 05:57 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 05:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4526 |