Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran dan Kepercayaan Diri terhadap Keaktifan Siswa dalam Belajar

Aini, Zamratul (2017) Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran dan Kepercayaan Diri terhadap Keaktifan Siswa dalam Belajar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_JAMRATUL_AINI_14151050_5358_2017.pdf] Text
B1_01_JAMRATUL_AINI_14151050_5358_2017.pdf

Download (750kB)

Abstract

Keaktifan siswa merupakan faktor yang sangat penting dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh kualitas keaktifan siswa tersebut. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya adalah penguatan dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penguatan guru mata pelajaran yang diterima siswa, (2) kepercayaan diri siswa, (3) keaktifan siswa dalam belajar, dan (4) kontribusi penguatan guru mata pelajaran dan kepercayaan diri secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik korelasional. Populasi penelitian siswa kelas X dan XI SMA Pertiwi 1 Padang yang berjumlah 619 siswa. Sampel diperoleh 243 siswa yang diambil melalui teknik propotional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Skala Keaktifan Siswa dalam Belajar dengan reliabilitas 0,922, Skala Penguatan Guru Mata Pelajaran dengan reliabilitas 0,865, dan Skala Kepercayaan Diri dengan reliabilitas 0,915 dengan model Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) tingkat penguatan guru mata pelajaran berada pada kategori baik, (2) tingkat kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang, (3) tingkat keaktifan siswa berada pada kategori tinggi, (4)
penguatan guru mata pelajaran dan kepercayaan diri secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap keaktifan siswa dalam belajar sebesar. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
masukan untuk mengarahkan Guru BK/Konselor dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:56
Last Modified: 24 Mar 2025 05:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4520

Actions (login required)

View Item
View Item