Dampak Komitmen dan Iklim Kerjasama Tutor Pendidikan Kesetaraan Padang Panjang terhadap Motivasi Kerjanya

Arnis, Mahyu (2010) Dampak Komitmen dan Iklim Kerjasama Tutor Pendidikan Kesetaraan Padang Panjang terhadap Motivasi Kerjanya. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAHYU_ARNIS_10578_3135_2012.pdf] Text
B1_1_MAHYU_ARNIS_10578_3135_2012.pdf

Download (216kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan terhadap beberapa orang tutor
Pendidikan Kesetaraan Padang Panjang, peneliti menemukan bahwa motivasi kerja para
tutor terkesan relatif rendah. Fenomena ini diperkirakan disebabkan oleh berbagai faktor
antara lain komitmen dan iklim kerjasama tutor. Penelitian ini dimaksudkan untuk
mengungkapkan seberapa besar dampak kedua faktor itu terhadap motivasi kerja tutor.
Dalam penelitian ini diajukan tiga hipotesis; 1) komitmen tutor memberikan dampak positif
terhadap motivasi kerjanya; 2) iklim kerjasama tutor memberikan dampak positif terhadap
motivasi kerjanya; dan 3) kedua faktor itu secara bersama-sama memberikan dampak
positif terhadap motivasi kerja para tutor.
Populasi penelitian ini adalah seluruh tutor Pendidikan Kesetaraan Padang Panjang
yang berjumlah 71 orang dan 43 orang terpilih sebagai sampel penelitian melalui teknik
Stratified proportional random sampling, sedang data penelitian dikumpulkan
menggunakan angket model skala-Likert yang validitas dan realibilitasnya telah diuji.
Untuk menguji hipotesis digunakan prosedur statistik berupa korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis secara empiris dan signifikan
diterima. Variabel komitmen tutor memberikan dampak positif sebesar 22,9 % terhadap
motivasi kerjanya; variabel iklim kerjasama tutor memberikan dampak positif sebesar 14,1
% terhadap motivasi kerjanya; dan secara bersama-sama kedua variabel memberikan
dampak positif sebesar 30,5 %. Tingkat pencapaian komitmen tutor termasuk kategori
cukup; dan tingkat pencapaian iklim kerjasama tutor termasuk kategori kurang; sementara
tingkat pencapaian motivasi kerja tutor termasuk kategori cukup. Temuan penelitian berarti
bahwa kedua variabel bebas yang diteliti merupakan dua faktor yang potensial sebagai
prediktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi kerja para tutor. Apabila
kedua faktor itu ditingkatkan, maka motivasi kerja juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:07
Last Modified: 24 Mar 2025 05:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item
View Item