Pelaksanaan Pembelajaran Program Khusus Bina Gerak untuk Anak Cerebral Palsy Pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek Agam

Novira, Nadia (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Program Khusus Bina Gerak untuk Anak Cerebral Palsy Pada Masa Pandemi Covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_NADIA_NOVIRA_17003095_3998_2021.pdf] Text
B1_02_NADIA_NOVIRA_17003095_3998_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya guru kelas yang bukan merupakan lulusan Pendidikan Luar Biasa tetapi mampu mengajarkan pembelajaran program khusus bina gerak untuk anak cerebral palsy. Peneliti ingin mendeskripsikan cara guru mengajarkan pembelajaran program khusus bina gerak
untuk anak cerebral palsy pada masa pandemi covid-19 sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran program khusus bina gerak untuk anak cerebral palsy
pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek. Fokus penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kondisi faktual pembelajaran program khusus bina gerak, kendala dalam pelaksanaan pembelajaran program khusus bina gerak,
serta upaya mengatasi kendala selama pelaksanaan pembelajaran program khusus bina gerak untuk anak cerebral palsy pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas X yang mengajar anak cerebral palsy. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi,menggunakan bahan referensi, dan melakukan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran program khusus bina gerak pada masa pandemi covid-19 di SLB Negeri 1 Ampek Angkek dilaksanakan
secara daring. Pembelajaran program khusus bina gerak diajarkan oleh guru kelas, dimana pembelajaran dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yaitu pada hari
sabtu. Kendala yang timbul pada pembelajaran program khusus bina gerak pada masa pandemi covid-19 adalah guru tidak dapat memantau pembelajaran anak secara langsung, suasana hati anak yang mudah berubah, serta anak merasa bosan
dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menyebabkan anak malas mengerjakan tugas sehingga tugas yang dikirimkan tidak sesuai dengan waktunya. Upaya yang dilakukan guru mengatasi kendala selama pembelajaran program
khusus bina gerak yang dilaksanakan secara daring ialah melakukan kunjungan ke rumah anak satu kali dalam satu bulan, memberikan apresiasi jika siswa
mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:53
Last Modified: 24 Mar 2025 04:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item
View Item