Kontribusi Persepsi Guru Mengenai Fleksibilitas Ranah Cipta dan Kompetensi Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran ( Studi Korelatif pada Guru-guru SMA di Kota Pekanbaru )

Mahfayeri, Mahfayeri (2010) Kontribusi Persepsi Guru Mengenai Fleksibilitas Ranah Cipta dan Kompetensi Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran ( Studi Korelatif pada Guru-guru SMA di Kota Pekanbaru ). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAHFAYERI_82339_3601_2012.pdf] Text
B1_1_MAHFAYERI_82339_3601_2012.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengungkap besarnya kontribusi persepsi
guru mengenai fleksibilitas kognitif ranah cipta terhadap efektifitas pembelajaran ,
2) mengungkap besarnya kontribusi persepsi guru mengenai kompetensi guru
terhadap efektifitas pembelajaran, 3) mengungkap besarnya kontribusi persepsi
guru mengenai fleksibiltas ranah cipta dan kompetensi guru terhadap efektifitas
pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMA negeri Kota
Pekanbaru yang berjumlah 961 orang. Penarikan sampel mengunakan teknik
proporsional random sampling, diperoleh sampel sebanyak 71 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
mengunakan pendekatan korelatif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran
angket ( Quesioner ) kepada guru-guru sebagai responden. Teknik analisis data
yang digunakan program SPSS for Window 11,5.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru mengenai fleksibilitas ranah
cipta secara empiris memiliki hubungan 0,359 dengan efektifitas pembelajaran;
atau dengan kata lain persepsi guru mengenai fleksibilitas ranah cipta mempunyai
kontribusi terhadap efektifitas pembelajaran sebesar 12,9 %. Persepsi guru
mengenai kompetensi guru secara empiris mempunyai hubungan 0,664 dengan
efektifitas pembelajaran; atau dengan kata lain persepsi guru mengenai
kompetensi guru mempunyai kontribusi terhadap efektifitas pembelajaran sebesar
40,2 %. Persepsi guru mengenai fleksibilitas ranah cipta dan kompetensi guru
secara empiris mempunyai hubungan sebesar 0,716 dengan efektifitas
pembelajaran ; dengan kata lain persepsi guru persepsi guru mengenai
fleksibilitas dan kompetensi guru mempunyai kontribusi secara bersama-sama
sebesar 51,3 %.
Berdasarkan analisa data, dapat disimpulkan bahwa terdapat persepsi
guru mengenai fleksibilitas ranah cipta dan kompetensi guru mempunyai
kontribusi yang signifikan terhadap efektifitas pembelajaran baik secara sendiri
sendiri maupun secara bersama sama.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:52
Last Modified: 24 Mar 2025 04:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item
View Item