Model Pembelajaran DICKY Berbasis Intelligent Tutoring System

Nofriansyah, Dicky (2018) Model Pembelajaran DICKY Berbasis Intelligent Tutoring System. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_DICKY_NOFRIANSYAH_15193002_1277_2019.pdf] Text
B1_7_08_DICKY_NOFRIANSYAH_15193002_1277_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 mengakibatkan perubahan konsep pembelajaran di dunia pendidikan. Kondisi ini ditandai dengan semakin berkembangnya teknologi yang mendukung bidang pendidikan di dalam mencapai standar kompetensi yang diharapkan dari setiap mahasiswa. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengintekgrasikan model pembelajaran dan tenologi. Permasalahan yang terindentifikasi adalah masih rendahnya hasi belajar khususnya matakuliah yang berorientasi pada software engineering bagi mahasiswa sistem informasi khususnya dan ilmu komputer lainya terlihat pada fenomena ketidakmampuan mahasiswa menghasilkan intelligent system.
Dalam penelitian ini, ada dua hal yang dikembangkan yaitu (1) Model pembelajaran, dan (2) Perangkat lunak Pembelajaran. Dalam proses pengembangan model pembelajran, menggunakan pendekatan Borg & Gall, sedangkan pengembangan perangkat lunak digunakan Waterfall Model. dari hasil penelitian ini, melalui serangkaian produk baik (1) Buku Model DICKY berbasisIntelligent Tutoring System, (2) Buku Panduan Penggunaan Model DICKY berbasis Intelligent Tutoring System, (3) Buku Modul Ajar, (4) Buku Petunjuk Penggunaan Media oleh Dosen. dan (5) Buku Petunjuk Penggunaan Media oleh Mahasiswa. Dari serangkaian hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas, menggunakan validitas isi dengan Aiken 'V dan validitas kontruk dengan CFA (Confirmantory Factor Analysis) menyatakan model yang dihasilkan dari penelitian ini dinyatakan, valis, praktis dan efektif. Penelitian ini juga menghasilkan model pembelajaran baru dengan 5 sintak yaitu (1) Define Problem and Design a Plan Project, (2) Integrated of Support System, (3) Create a Project, (4) Keep Control and Monitoring Project, (4) Yield and Assess of Project. Dan berdasarkan uji validasi sintak model ini dinyatakan goodness-of-fit atau valid.
Hasil dari penelitian didapatkan dari 3 unsur aspek pembelajaran untuk unsur efektif; ada 7 aspek ranah efektif yang memiliki nilai yang lebih baik dari kelas kontrol, dan dari aspek psikomotor baik pada kelas kontrol dengan nilai ratarata 80.08 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata psikomotor yaitu 85.78. Dari aspek kognitif mahasiswa menyampaikan bahwa lebih mudah mengdapatkan referensi dan merancang sebuah intelligent system.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: MOdel Pembelajaran Pembelajaran DICKY Intelligent Tutoring System
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:15
Last Modified: 24 Mar 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item
View Item