Kontribusi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Guru Di SMA Negeri Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Indra, Maha (2014) Kontribusi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Guru Di SMA Negeri Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAHA_INDRA_1110798_185_2015 mlh.pdf] Text
B1_1_MAHA_INDRA_1110798_185_2015 mlh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, peneliti melihat adanya gejala
rendahnya pelaksanaan pembelajaran SMA Negeri di Kecamatan Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan dan peneliti menduga bahwa rendahnya pelaksanaan
pembelajaran tersebut disebabkan oleh masih belum baiknya supervise akademik
kepala sekolah dan masih rendahnya kompetensi profesional guru. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui kontribusi kontribusi supervisi akademik kepala
sekolah dan kompetensi profesional terhadap pelaksanaan pembelajaran guru.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) supervise akademik kepala sekolah
berkontribusi terhadap pelaksanaan pembelajaran, (2) kompetensi professional
berkontribusi terhadap pelaksanaan pembelajaran, dan (3) supervise akademik
kepala sekolah dan kompetensi professional secara bersama-sama berkontribusi
terhadap pelaksanaan pembelajaran.
Populasi penelitian adalah guru SMA Negeri di Kecamatan Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik Stratified Propotional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan
kuesioner dan skala penilaian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik
korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan: (1) supervise akademik kepala sekolah
berkontribusi sebesar 47% terhadap pelaksanaan pembelajaran, (2) kompetensi
professional berkontribusi terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 8,1% dan
(3) supervise akademik kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara
bersama-sama berkontribusi sebesar 53,1% terhadap pelaksanaan pembelajaran
guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa factor supervisi
akademik kepala sekolah dan kompetensi profesional guru penting untuk
meningkatkan pelaksanaan pembelajaran guru dalam melaksanakan tugas di
sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:50
Last Modified: 24 Mar 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item
View Item