Pengaruh Pendekatan Modelling dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar

M. Jakfar, M. Jakfar (2014) Pengaruh Pendekatan Modelling dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_M_JAKFAR_52901_2334_2015.pdf] Text
B1_1_M_JAKFAR_52901_2334_2015.pdf

Download (918kB)

Abstract

Proses pembelajaran harus disampaikan lebih bervariasi dan ivonatif.
Pendekatan modelling adalah salah satu alternatif yang digunakan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh pendekatan modelling dan
Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris, sedangkan masalah
yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan hasil
belajar siswa dengan pendekatan modelling dari pada siswa belajar dengan cara
konvensional?, (2) apakah siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi
dengan pendekatan modelling memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari pada
siswa belajar dengan cara konvensional?, (3) apakah siswa yang mempunyai
pengetahuan awal rendah dengan pendekatan modelling memperoleh hasil belajar
lebih tinggi dari pada siswa belajar dengan cara konvensional?, (4) apakah
terdapat interaksi antara pendekatan modelling dan pengetahuan awal terhadap
hasil belajar siswa?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain
faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SD Cendana Pekanbaru semester genap
Tahun 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data
penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis
varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan
pendekatan modeling lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang belajar
dengan cara konvensional. Hasil belajar Bahasa Inggris siswa berdasarkan
pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan modelling lebih tinggi
dari pada pembelajaran dengan konvensional. Hasil belajar Bahasa Inggris siswa
berdasarkan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan modelling
lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi
pendekatan modelling dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:18
Last Modified: 24 Mar 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item
View Item