Irianti, Desmi (2018) Model Pengukuran Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Balance Scorecard. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_08_DESMI_IRIANTI_1104306_6522_2018.pdf [thumbnail of B1_7_08_DESMI_IRIANTI_1104306_6522_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_08_DESMI_IRIANTI_1104306_6522_2018.pdf
Download (872kB)
Abstract
Penelitian dilakukan sehubungan dengan belum optimalnya model
pengukuran kinerja Sekolah Menengah Kejuran yang ada saat ini. Hal ini
menyebabkan pengukuran kinerja sekolah belum sepenuhnya menggambarkan
ukuran kinerja sekolah yang sebenarnya. Mengatasi hal tersebut, maka dilakukan
proses perancangan model Pengukuran Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) berbasis Balance Scorecard (BSC) sehingga melahirkan model
pengukuran kinerja SMK yang valid, praktis, dan efektif, sekali gus merupakan
tujuan dari penelitian ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan merupakan model yang disampaikan oleh Borg
and Gall (2003:570) dengan mengikuti sepuluh langkah pengembangkan yang
telah disederhanakan menjadi empat langkah yaitu; mendisain model penelitian,
ujicoba terbatas, ujicoba diperluas, dan diseminasi. Pengumpulan data dilakukan
melalui pengisian instrumen olrh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua
jurusan, guru, dan tenaga administrasi sekolah. Data yang terkumpul kemudian
dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan model Aikend’s V, dan
pemberian skor terhadap masing-masing indikator pengukuran. Hasil penelitian
diperoleh berdasarkan tahapan proses pengembangan produk kepada 46
responden.
Temuan Penelitian menunjukan bahwa buku model sebagai produk
penelitian sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunak mengukur kinerja
sekolah menengah kejuruan secara internal. Produk yang dihasilkan dari
penelitian ini adalah Buku Model Pengukuran Kinerja Sekolah Menengah
Kejuruan berbasis Balance Scorecard, dan Buku Format Model Pengukuran
Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Balance Scorecard yang telah
melalui uji validasi oleh validator. Peneliti merekomendasikan bahwa model ini
dapat berkontribusi untuk mengukur kinerja sekolah menegah kejuruan secara
internal dan mandiri sebagai upaya untuk mempersiapkan diri sekolah dalam
penilaian dan pengukuran kinerja sekolah secara eksternal
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja Balance Scorecard |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 03:43 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4476 |