Pengembangan Pedagogi Entrepreneurship Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Produk pada Pendidikan Vokasi

Mardin, Aznil (2018) Pengembangan Pedagogi Entrepreneurship Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Produk pada Pendidikan Vokasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_AZNIL_MARDIN_14193031_3982_2018.pdf] Text
B1_7_08_AZNIL_MARDIN_14193031_3982_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah dilakukan, masalah
penelitian adalah sebagai berikut: 1) Tujuan pembelajaran kewirausahaan belum
didefinisikan secara jelas berdasarkan kebutuhan siswa, 2) proses belajar
kewirausahaan belum optimal. Tujuan pengembangan pedagogi kewirausahaan
dengan model pembelajaran berbasis produk adalah membantu pendidik untuk
dalam menfasilitasi mahasiswa agar aktif, inovatif, dan kreatif dalam
mengkonstruksi pengetahuan yang dimilikinya, melalui pengalaman-pengalaman
nyata yang mahasiswa dapatkan didalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang
menggunakan model pembelajaran berbasis produk. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa yang terdaftar pada mata kuliah kewirausahaan semester Januari-Juni
2017 program studi S-1 Teknik Elektro dan D-III Tata Boga. Pengembangan
model pembelajaran berbasis produk menggunakan model ADDIE. Data
dikumpulkan dengan kuesioner, observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis
dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif sehingga diperoleh model
pedagogi kewirausahaan, sintaks model pembelajaran berbasis produk, buku
panduan mengajar kewirausahaan, dan media pembelajaran berbasis WEB.
Produk diuji validitas oleh para ahli, uji praktis oleh pengguna dan uji efektivitas
melalui hasil belajar mahasiswa.
Berdasarkan analisis data, temuan dari penelitian ini adalah: (1) Model
pedagogik kewirausahaan telah berhasil dikembangkan, (2) Sintaks model
pembelajaran berbasis produk yang dikembangkan terdiri dari 8 langkah/tahapan
pembelajaran, (3) Buku panduan mengajar kewirausahaan yang terdiri dari
silabus dan rencana pembelajaran semester, dan (4) Media pembelajaran berbasis
WEB yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh
dosen, dan perancang pembelajaran dalam mengembangkan atau merealisasikan
proses pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk aktif, inovatif,
dan kreatif dalam membangun pengetahuan siswa tentang kewirausahaan dengan
lebih baik.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pedagogi Pedagogi Entrepreneurship Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:59
Last Modified: 24 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4473

Actions (login required)

View Item
View Item