Lusma, Mutiara Apriana (2021) Strategi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Diskalkulia di SD Inklusif Se-Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_MUTIARA_APRIANA_LUSMA_17003138_1900_2021.pdf [thumbnail of B1_02_MUTIARA_APRIANA_LUSMA_17003138_1900_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_MUTIARA_APRIANA_LUSMA_17003138_1900_2021.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya ditemukan anak berkesulitan belajar berhitung/matematika (diskalkulia) di SD Inklusif Kecamatan Pauh Kota Padang. Anak diskalkulia memerlukan strategi pembelajaran yang tepat agar mereka
dapat mencapai tujuan pelajaran matematika secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran matematika yang terdiri dari beberapa aspek
yaitu urutan kegiatan pembelajaran (pendahuluan, penyajian, penutup), pendekatan, metode, media, dan waktu pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru kelas IV kepada siswa diskalkulia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket kepada guru yang menjadi responden. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebagian guru kelas dengan persentase 44,16% sering menjalankan strategi pembelajaran matematika pada aspek urutan
kegiatan pembelajaran, persentase 36,72% pernah menjalankan strategi pembelajaran matematika pada aspek pendekatan pembelajaran, persentase 36,72% sering menjalankan strategi pembelajaran matematika pada aspek metode pembelajaran,
persentase 53,91% pernah menjalankan strategi pembelajaran matematika pada aspek media pembelajaran, dan persentase 62,50% tidak pernah menjalankan strategi
pembelajaran matematika pada aspek waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4472 |