Pengembangan Modul Layanan Informasi untuk Mempersiapkan Diri Remaja Putri dalam Menghadapi Perubahan Fisik

Safitri, Amelia (2019) Pengembangan Modul Layanan Informasi untuk Mempersiapkan Diri Remaja Putri dalam Menghadapi Perubahan Fisik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AMELIA_SAFITRI_15151004_4745_2019.pdf] Text
B1_1_AMELIA_SAFITRI_15151004_4745_2019.pdf

Download (814kB)

Abstract

Mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan fisik sangat penting bagi
remaja putri. Mempersiapkan diri ini akan membantu remaja putri untuk
menyesuaikan dan menjadi acuan dalam melakukan suatu tindakan. Kurang
siapnya remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik akan menimbulkan
permasalahan-permasalahan seperti; cemas, gelisah, risau, takut, tidak percaya
diri, kurang tidur, gangguan makan, dan terganggunya tugas perkembangan masa
dewasa. Kesiapan diri remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik
merupakan hal yang perlu untuk dipelajari dan dikembangkan. Salah satunya
melalui pelayanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan media
berbentuk modul. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul layanan
informasi untuk mempersiapkan diri remaja putri dalam menghadapi perubahan
fisik yang layak secara isi dan tampilan, dan (2) mendeskripsikan tingkat
keterpakaian modul layanan informasi untuk mempersiapkan diri remaja putri
dalam menghadapi perubahan fisik oleh guru kelas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri
dari 3 orang ahli untuk uji kelayakan isi modul, 3 orang ahli untuk uji kelayakan
tampilan modul, 5 orang guru SD dan 30 siswa untuk menilai keterpakaian
modul. Penelitian dilakukan dengan uji coba produk penelitian dan diskusi
kelompok. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan statistik non parametrik.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modul yang dikembangkan
beserta panduan penggunaannya, berada pada kategori layak secara isi dan
tampilan. Hal ini berarti para ahli menyatakan bahwa modul tersebut dapat
menggambarkan dan menyampaikan informasi serta dinilai tepat digunakan
untuk mempersiapkan diri remaja putri menghadapi perubahan fisik, (2) tingkat
keterpakaian modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru kelas dan
siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka
secara umum dapat disimpulkan bahwa prototipe modul layanan informasi
untuk mempersiapkan diri remaja putri menghadapi perubahan fisik tepat dan
dapat digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:58
Last Modified: 24 Mar 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item
View Item