Hamzah, Amir (2012) Pengembangan Modul dan LKS Berorientasi Pembelajaran Konstruktivisme pada Materi Metabolisme Sel untuk Siswa Kelas XII SMA Babussalam Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AMIR_HAMZAH_11113_6132_2012.pdf [thumbnail of B1_1_AMIR_HAMZAH_11113_6132_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AMIR_HAMZAH_11113_6132_2012.pdf
Download (114kB)
Abstract
Sistem Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia akan menerapkan
Sistem Kredit Semester (SKS) yang bertujuan memotivasi siswa melakukan
pembelajaran secara mandiri serta menghargai perbedaan kemampuan individual.
Disisi lain terdapatnya kesulitan bagi guru memotivasi siswa untuk belajar secara
mandiri pada mata pelajaran biologi materi metabolisme sel di SMA yang
dikarenakan belum tersedianya buku-buku sumber yang dirancang khusus
membangun pengalaman belajar siswa secara mandiri. Siswa cendrung menunggu
penjelasan dari gurunya dan berdampak rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu
perlu dicarikan alternatif pemecahan masalahnya melalui inovasi dan kreatif guru
menyiapkan perangkat pembelajaran dalam bentu yang mampu memotivasi siswa
untuk membangun pengalamannya sendiri secara mandiri, yakni dengan
perangkat pembelajaran subuah modul. Untuk itu perlu dilakukan suatu penelitian
“ pengembangan Mudul dan LKS berorientasi pembelajaran konstruktivisme pada
materi metabolisme se di kelas XII SMA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan
(research and development) yang akan menghasilkan suatu produk dengan model
pengembangan Instruktional Development Instute (IDI), dimana model ini
menerapkan prinsip pendekatan sistem dengan prosedur tiga tahapan, yakni 1)
tahap merumuskan atau penentuan analisis kebutuhan (define), 2) tahap
mengembangkan (development), dan 3) tahap penilaian (evaluate).
Hasil pengembangan dari penelitian ini, setelah dilakukan analisis tahap
penentuan (define) terhadap kurikulum, karakteristik siswa dan karakteristik
materi metabolisme sel, dan analisis tahap pengembangan (depelovment), serta
analisis tahap penilaian (evaluate) diperoleh data yang valid, praktis dan efektif
meskipun masih terdapat kekurangan dan kelemahan, misalnya dari segi
pengalokasian waktu untuk setiap modul dan LKS yang dikembangkan.
Modul dan LKS berorientasi pembelajaran konstruktivisme yang
dikembangkan ini dapat dijadikan contoh bagi guru-guru dalam mengembangkan
modul-modul yang lain, serta sebagai pemecahan kesulitan belajar siswa dan salah
satu pedoman perangkat pembelajaran bagi guru dalam pelaksanaan
pembelajaran, khusunya materi metabolisme sel di SMA.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:58 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4465 |