Lusiana, Lusiana (2019) Kontribusi Tunjangan Sertifikasi dan Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMP Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_LUSIANA_19027_6033_2019.pdf [thumbnail of B1_1_LUSIANA_19027_6033_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_LUSIANA_19027_6033_2019.pdf
Download (753kB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi dari pelaksanaan tugas guru.
Rumusan masalah penelitian adalah (1) tunjangan sertifikasi berpengaruh
terhadap motivasi kerja guru, (2) iklim sekolah berpengaruh terhadap motivasi
kerja guru, (3) tunjangan sertifikasi dan iklim sekolah berpengaruh secara
bersama-sama terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri Kecamatan Kinali.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Kontribusi sertifikasi terhadap motivasi kerja
guru, (2) Kontribusi iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru, (3) Kontribusi
tunjangan sertifikasi dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi
kerja.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sifatnya korelasional, populasi
dalam penelitian ini semua guru SMP kecamatan Kinali yang berstatus PNS
dengan jumlah populasi 107 orang, sampel penelitian sebanyak 30 orang diambil
dengan teknik startified proportional random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket, teknik analisis data (1) deskripsi data, (2) pengujian
persyaratan analisis dan (3) pegujian hipotesis.
Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Terdapat kontribusi sertifikasi
terhadap motivasi kerja karena sertifikasi memberikan sumbangan kontribusi
sebesar 25,6% terhadap motivasi kerja guru (2) iklim sekolah memberikan
sumbangan kontribusi sebesar 28.3% terhadap motivasi kerja guru (3) sertifikasi
dan iklim sekolah secara bersama-sama memberikan sumbangan kontribusi
sebesar 37.5% terhadap motivasi kerja guru.
Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil temuan untuk
meningkatkan motivasi kerja guru diharapkan kepala sekolah dapat memberikan
dukungan terhadap guru yang akan melaksanakan program sertifikasi kepada
guru yang telah memenuhi syarat. Untuk meningkatkan motivasi kerja guru, perlu
membenahi iklim sekolah yang rendah, Pengawas agar memberikan iklim sekolah
kerjasama kepada guru-guru sesuai dengan perkembangan teknologi. Kebijakan
Dinas pendidikan dalam hal penyelanggaraan pembelajaran di sekolah hendaklah
bertujuan dengan peningkatan tunjangan sertifikasi
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:57 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4462 |