Kontribusi Dukungan Sosial Orangtua dan Persepsi Siswa tentang Jurusan terhadap Motivasi Belajar Siswa serta Implikasinya pada Program Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Kota Solok

Jumiarti, Desri (2017) Kontribusi Dukungan Sosial Orangtua dan Persepsi Siswa tentang Jurusan terhadap Motivasi Belajar Siswa serta Implikasinya pada Program Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Kota Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DESRI_JUMIARTI_1208841_574_20017.pdf] Text
B1_01_DESRI_JUMIARTI_1208841_574_20017.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa tentang jurusan merupakan faktor yang diduga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) dukungan sosial orangtua, (2) persepsi siswa tentang jurusan, (3) motivasi belajar siswa, serta menguji: (4) kontribusi dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa, (5) kontribusi persepsi siswa tentang jurusan terhadap motivasi belajar siswa, dan (6) kontribusi secara bersama-sama dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa tentang jurusan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasionaldan metode kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 1 Kota Solok sebanyak 580 siswa, sampel sebanyak 237 siswa, yang dipilih dengan teknik Proportional Statified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) rata-rata dukungan sosial orangtua berada pada kategori tinggi, (2) persepsi siswa tentang jurusan berada pada kategori positif, (3) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar siswa, (5) terdapat kontribusi yang signifikan antara persepsi siswa tentang jurusan terhadap motivasi belajar siswa, dan (6) terdapat kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dan persepsi siswa tentang jurusan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk penyempurnaan pembuatan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMKN 1 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial; Persepsi; Motivasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 30 Jan 2025 09:10
Last Modified: 30 Jan 2025 09:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item