Kegiatan Diskusi Pada Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bukittinggi”.

Haristi, Mutia (2020) Kegiatan Diskusi Pada Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bukittinggi”. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_MUTIA_HARISTI_1415_15046062_2020.pdf] Text
B1_02_MUTIA_HARISTI_1415_15046062_2020.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi karena dengan berlakunya kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, dimana peranan peserta didik sangat menentukan.Meskipun banyak alternatif dalam pemilihan penggunaan metode dalam suatu
model pembelajaran, namun berdasarkan RPP salah satu metode yang kebanyakan dilaksanakan oleh guru adalah diskusi. Meskipun seringnya dilakukan kegiatan diskusi pada mata pelajaran sejarah, namun masih ada beberapa langkah-langkah
diskusi yang belum sesuai dengan langkah-langkah diskusi secara teoritis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam keterlaksanaan kegiatan
diskusi secara maksimal pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah baik dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
guru dan peserta didik di SMA Negeri 3 Bukittinggi kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara pengamatan dan
wawancara. Pengolahan data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasilpenelitian ini menyatakan bahwasannya kegiatan diskusipada umumnya sudah dilaksanakan guru dengan baik, hanya saja ada beberapa hal yang belum ideal,
diantaranya: 1) guru tidak selalu menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) guru hanya menggunakan satu jenis diskusi. 3) peserta didik tidak ada yang mengeluarkan pendapat dan gagasan mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa
faktor diantaranya faktor kelupaan, waktu, dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. 4) peserta didik tidak ada mengamati apa yang disampaikan oleh guru
dan yang disampaikan temannya. Hal ini disebabkan oleh faktor bosan dan faktor waktu yang membuat peserta didik tidak semangat belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:28
Last Modified: 24 Mar 2025 02:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4457

Actions (login required)

View Item
View Item