Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Kontrol Diri Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Fidiawati, Liza (2020) Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Kontrol Diri Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_LIZA_FIDIAWATI_17151029_1509_2020.pdf] Text
B1_1_LIZA_FIDIAWATI_17151029_1509_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa remaja Sekolah Menengah
Kejuruan semakin meningkat. Layanan bimbingan kelompok dalam
pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk
pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar kegiatan bimbingan
kelompok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial
dan karir. Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan kontrol diri siswa dalam
pencegahan penyalahgunaan narkoba, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan
layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kontrol diri dalam pencegahan
penyalahgunaan narkoba, (3) mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan
efektivitas panduan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kontrol
diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and
evaluation). Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah.
Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan
tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru
BK. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif
dan analisis nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji
Wilcoxon Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kontrol diri siswa
dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba cenderung rendah, (2) pelaksanaan
bimbingan kelompok masih mengalami keterbatasan untuk mengatasi
permasalahan penyalahgunaan narkoba, Guru BK belum terampil menyusun
panduan sebagai media layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kontrol
diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (3) tingkat kelayakan
materi berada pada kategori sangat layak dengan persentase 93% dan tampilan
panduan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 91%, tingkat
penggunaan panduan oleh Guru BK berada pada kategori sangat baik dengan
persentase 87%. Adanya peningkatan yang signifikan terhadap kontrol diri
siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba setelah implementasi
panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK sebagai
bahan pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok untuk upaya peningkatan
kontrol diri siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Penyalahgunaan Narkoba, Bimbingan Kelompok
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:22
Last Modified: 24 Mar 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4455

Actions (login required)

View Item
View Item