Amroza, Amroza (2016) Strategi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Yayasan DR. H. Abdullah Ahmad PGAI kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AMROZA_14147001_4179_2016.pdf [thumbnail of B1_1_AMROZA_14147001_4179_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AMROZA_14147001_4179_2016.pdf
Download (219kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dan didukung dengan wawancara mendalam
dengan informan penelitian ditemui bahwa implementasi strategi manajemen
pendidik dan tenaga kependidikan Yayasan DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Kota
Padang belum optimal. Untuk itu, diperlukan penerapan strategi manajemen
pendidik dan tenaga kependidikan secara menyeluruh untuk mencapai tujuan
pendidikan yang efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta
evaluasi yang dilakukan pengelola yayasan dalam meningkatkan kinerja pendidik
dan tenaga kependidikan di Yayasan DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Kota
Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan
pengelola yayasan dalam meningkatkan pendidik dan tenaga kependidikan di
yayasan DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, informan penelitian diperoleh
melalui teknik snowball, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dengan mengumpulkan data,
mereduksi, menyajikan dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi strategi
manajemen pendidik dan tenaga kependidikan Yayasan DR. H. Abdullah Ahmad
PGAI Kota Padang sebagai berikut: Pertama, perencanaan pendidik dan tenaga
kependidikan dirumuskan setiap tahunnya namun implementasinya tidak sesuai
dengan yang direncanakan. Kedua, pengorganisasian pendidik dan tenaga
kependidikan belum maksimal, beberapa orang pendidik dan tenaga kependidikan
bekerja tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Ketiga,
pelaksanaan pembinaan dan pengembangan kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan dilaksanakan secara berkala berupa pelatihan dan workshop
minimal sekali dalam satu tahun ajaran. Keempat, pengawasan dan penilaian
kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara berkala terhadap
pendidik dan tenaga kependidikan. Disarankan kepada kepala sekolah dan
pengelola yayasan agar konsisten dalam mengelola pendidik dan tenaga
kependidikan agar sumber daya dapat diberdayakan secara efektif dan efisien
untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah direncanakan dengan sebaik
baiknya.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:40 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4436 |