Penerapan Penilaian Autentik Aspek Sikap Sosial dan Sikap Spiritual Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di SMA Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar

Dani, Della Rahma (2021) Penerapan Penilaian Autentik Aspek Sikap Sosial dan Sikap Spiritual Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di SMA Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DELA_WULANDARI_17053045_5799_2021.pdf] Text
B1_01_DELA_WULANDARI_17053045_5799_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Penerapan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri seKabupaten Tanah Datar (2) Kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri seKabupaten Tanah Datar (3). Upaya dalam mengatasi kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di SMA Negeri se-Kabupaten Tanah Datar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif jenis Deskriptif. Populasi berjumlah 21 orang guru Geografi dan 45 siswa kelas 10 di Kabupaten Tanah Datar sedangkan sampel di ambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan (angket) kuesioner. Teknik Analisis Data kuantitatif yakni analisis statistik-deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagi berikut (1) Penerapan penilaian autentik aspek sikap sosial dan sikap spiritual pada mata pelajaran Geografi materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan sebesar 58% dengan
kategori cukup baik dalam pembelajarannya Geografi, (2) Kendala guru yaitu kurangnya waktu dalam melakukan penilaian sikap, (3) Upaya dalam mengatasi kendala adalah guru berkalaborasi dengan teman sebaya serta guru harus bisa
membagi waktu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: G Geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:39
Last Modified: 24 Mar 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item
View Item