Efektivitas Konseling Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Setiono, Lintang (2018) Efektivitas Konseling Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_LINTANG_SETIONO_15151027_4744_2019.pdf] Text
B1_1_LINTANG_SETIONO_15151027_4744_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa di sekolah merupakan salah satu masalah
dalam dunia pendidikan yang memerlukan suatu tindakan secara cepat dan tepat.
Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ditandai dengan perilaku seperti
membolos, malas belajar, mengerjakan tugas, tidak ada keinginan untuk
mengetahui, tidak peduli dengan nilainya, tidak semangat belajar di dalam kelas,
dan berdampak pada hasil belajarnya. Upaya konseling yang dapat dilakukan
sesuai dengan konteks waktu dan aplikatif di sekolah salah satunya melalui
pendekatan konseling berfokus solusi (KBS). Penelitian ini bertujuan menerapkan
konseling berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan
desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang.
Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan
kriteria kondisi motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat rendah.
Instrumen pengumpul data penelitian ini adalah skala motivasi belajar, wawancara,
dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data visual
dan grafik.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling berfokus solusi
efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada subjek AF, AB, GL, AG,
RZ. Selanjutnya KBS juga efektif meningkatkan motivasi belajar siswa selama
intervensi KBS diberikan. Selain itu, subjek sasaran aktif selama proses konseling
dan puas terhadap intervensi KBS yang diberikan konselor. Disarankan kepada
konselor sekolah menerapkan KBS dalam mengembangkan kehidupan efektif
sehari-hari (KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari terganggu
(KES-T) yang bertujuan membentuk pribadi yang mandiri

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: konseling berfokus solusi, motivasi belajar, single subject research
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:39
Last Modified: 24 Mar 2025 01:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item
View Item