Matondang, Linda (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_LINDA_MATONDANG_19147004_1356_2022.pdf [thumbnail of B1_1_LINDA_MATONDANG_19147004_1356_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_LINDA_MATONDANG_19147004_1356_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam menghasilkan kinerja yang baik tentu saja tidak berdiri sendri, sebab banyak faktor
yang dapat mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah kecerdasan emosional.
Faktor ini sangat diperlukan oleh seorang guru untuk dapat mengendalikan diri,
mengontrol emosi, mempunyai motivasi dan memahami perasaan peserta didik sehingga
terjalin hubungan yang baik untuk dapat menjadikan pembelajaran yang menyenangkan.
Selain itu kemampuan guru dalam berkomunikasi merupakan salah satu kompetensi sosial
yang menjadi kebutuhan untuk mencapai keberhasilan guru dalam mengajar. Maka guru
dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi, karena pada dasarnya proses
pembelajaran merupakan interaksi antara guru sebagai komunikator dengan peserta didik
sebagai komunikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh
Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan
Kota, 2) Untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Komunikasi terhadap Kinerja Guru
SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota, dan 3) untuk mengetahui Kecerdasan
Emosional dan Kemampuan Komunikasi berpengaruh secara bersamaan terhadap Kinerja
Guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota. Penelitian ini adalah penelitian yang
bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk melihat hubungan
dan tingkat hubungan antara dua variabael atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru di SMP Negeri se-Kecamatan Panyabugan Kota yaitu 354 responden.
Sedangkan sampel penelitian mnggunakan stratified proportional random sampling
diperoleh 177 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dan
pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)
Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan
Panyabungan Kota, besar pengaruhnya adalah 6,7%. 2) Kemampuan komunikasi
berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota, besar
pengaruhnya adalah 8,8%. 3) Kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi secara
bersamaan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota, besar
pengaruhnya adalah 14,7%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kemampuan Komunikasi, dan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4431 |