Syaryani, Lili (2013) Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_LILI_SYARYANI_59924_2781_2013.pdf [thumbnail of B1_1_LILI_SYARYANI_59924_2781_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_LILI_SYARYANI_59924_2781_2013.pdf
Download (877kB)
Abstract
Fenomena yang terjadi adalah : 1) rendahnya kinerja guru dalam perencanaan
pembelajaran, 2) rendahnya kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran, 3)
rendahnya disiplin guru dalam melaksanakan tugas, 4) kurangnya loyalitas kerja
guru, 5) rendahnya kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran, 6)
rendahnya kemampuan guru dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar, 7)
rendahnya kemampuan guru dalam memimpin dan mengelola kelas sehingga
kelas menjadi ribut dan kurang nyaman bagi siswa dalam proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah 1) kompetensi pedagogik berkontribusi terhadap
kinerja guru, 2) komitmen kerja berkontribusi terhadap kinerja guru, 3)
kompetensi pedagogik guru dan komitmen kerja secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri yang
PNS di Kecamatan Basa Ampek Balai yang berjumlah 170 orang. Sampel
penelitian menggunakan stratified proportional random sampling didapatkan
sampel sebanyak 70 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner dengan
menggunakan skala likert. Teknik analisis data yaitu deskripsi data, uji
persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis yang diolah dengan menggunakan
computer versi 17.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pedagogik berkontribusi
terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten
Pesisir Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 32,5%,Komitmen kerja
berkontribusi terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Basa Ampek Balai
Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 14,1%,Kompetensi pedagogik
dan komitmen kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru
sebesar 36,2%.Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru yang
baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui kompetensi pedagogik dan komitmen
kerja guru. Untuk meningkatkan pelaksanaan tugas guru diharapkan guru, kepala
sekolah, pegawas, KKG, Dinas Pendidikan untuk lebih memberikan semangat dan
partisipasi untuk meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4430 |