Lestari, Leli (2013) Pangaruh Strategi Pembelajaran TANDUR dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_LELI_LESTARI_59896_6733_2013.pdf [thumbnail of B1_1_LELI_LESTARI_59896_6733_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_LELI_LESTARI_59896_6733_2013.pdf
Download (509kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di SMP PGRI
Pekanbaru, ditemukan bahwa banyak siswa yang belum tuntas dalam pelajaran
matematika, mereka tidak aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, oleh
karena itu, peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran TANDUR untuk
menyelesaikan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan pengaruh
penggunaanstrategi pembelajaranTANDUR lebih tinggi daripada kelompok siswa
yang diajar dengan strategi konvensional terhadap hasil belajar matematika, (2)
perbedaan pengaruh hasil belajar matematika kelompok siswa yang memiliki
motivasi belajar tinggi yang diajar denganstrategi pembelajaran TANDUR lebih
tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang
diajar dengan strategi konvensional; (3) perbedaan pengaruh hasil belajar
matematika kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar
denganstrategi pembelajaran TANDUR lebih tinggi daripada hasil belajar siswa
yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan strategi konvensional
dan (4) Interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar matematika siswa.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada semester satu tahun ajaran
2012/2013, populasi diambil dari siswa kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel secara klaster acak terpilih kelas VIIID
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Data
dikumpulkan dengan memberikan tes angket motivasi belajar untuk menentukan
siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dan tes akhir
untuk hasil belajar siswa. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji-t dan
ANAVA
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR lebih tinggi dari
hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi konvesional; (2)
hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi yang diajar dengan
menggunakan strategi pembelajaran TANDUR lebih tinggi dari hasil belajar
siswa yang yang diajar dengan strategi konvensional; (3) hasil belajar siswa yang
bermotivasi belajar rendah yang diajar dengan menggunakanstrategi pembelajaran
TANDUR lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional; dan (4) tidak tedapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran TANDUR efektif digunakan untuk meningkatkan hasil
pembelajaran siswa dalam mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4429 |