Hidayati, Leiliana (2010) Kontribusi Persepsi Guru tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru (Bidang Studi Bahasa Indonesia) di SMP se-Kota Dumai. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_LEILIANA_HIDAYATI_93197_3932_2012.pdf [thumbnail of B1_1_LEILIANA_HIDAYATI_93197_3932_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_LEILIANA_HIDAYATI_93197_3932_2012.pdf
Download (171kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yang
mengindikasikan efektivitas pembelajaran guru yang relatif rendah. Hal ini
ditandai dengan rendahnya hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2008/2009 pada
bidang studi Bahasa Indonesia. Rendahnya efektivitas pembelajaran guru diduga
disebabkan oleh faktor persepsi guru tentang kompetensi pedagogik dan
kompetensi profesional yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan (1) Kontribusi persepsi guru tentang kompetensi pedagogik
terhadap efektivitas pembelajaran guru di SMP se-Kota Dumai, (2) Kontribusi
persepsi guru tentang kompetensi profesional terhadap efektivitas pembelajaran
guru di SMP se-Kota Dumai, (3) Kontribusi persepsi guru tentang kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama terhadap efektivitas
pembelajaran guru di SMP se-Kota Dumai.
Populasi dalam penelitian ini adalah 80 oraang guru SMP yang mengajar
pada 25 SMP se-Kota Dumai pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Pengambilan
sampel penelitian dilakukan secara proportional random sampling dengan jumlah
66 orang guru bidang studi Bahasa Indonesia. Alat pengumpul data yang
digunakan adalah angket dengan model skala Likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Korelasi persepsi guru tentang
kompetensi pedagogik terhadap efektivitas pembelajaran adalah 0,308 dan
kontribusi sebesar 9,5%. Artinya guru yang memiliki persepsi tentang kompetensi
pedagogik akan mampu mengelola dan melaksanakan pembelajaran, (2) Korelasi
persepsi guru tentang kompetensi profesional terhadap efektivitas pembelajaran
adalah 0,266 dan kontribusi sebesar 7%. Ini berarti bahwa dalam setiap proses
pembelajaran yang dilaksanakan diperlukan kemampuan guru untuk memahami
penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, (3) Korelasi persepsi guru
tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama
terhadap efektivitas pembelajaran adalah 0,403 dan memberikan kontribusi
sebesar 16,3%. Ini berarti bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
di sekolah, persepsi guru tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi
profesional sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan efektivitas
pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4427 |