Ilyas, Asnelly (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_08_ASNELLY_ILYAS_11046_5910_2018.pdf [thumbnail of B1_7_08_ASNELLY_ILYAS_11046_5910_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_08_ASNELLY_ILYAS_11046_5910_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dasar pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( UU No. 20
Tahun 2003, PP No.5 tahun 2007). Peneliti menemukaan masalah dalam
pelaksanaan pembelajaran PAI, domonan bersifat kognitif, dan metode
pembelajaran yang digunakan cendrung ceramah, dan kurangnya pengembangan
berpikir kritis, sistematis dan analitis serta kemandirian dalam belajar. Hal ini
berdampak pada ketertarikan pembelajaran sehingga pada akhirnya belum
terbiasa dalam mengkonstruksi pengetahuan. Salah satu alternatif dalam
mengatasi masalah adalah dengan mengembangkan model pembelajaran inkuiri.
Model pembelajaran inkuiri PAI ini didesain dengan model ADDIE. Data
dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan tes untuk
mengetahui efektifitas model. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan
kuantitatif dengan teknik analisis Aiken. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa Buku Model terkategori sangat valid dengan skor 0.847, BPKP sangat
valid dengan skor 0.880, dan BPKPD dengan 0.879 sangat valid. Aspek
kepraktisan model terkategori praktis dengan skor 3.23, BPKP kategori praktis
dengan skor 3.32, BPKPD kategori praktis dengan skor 3.08. Efektifitas model
dianalisis dengan t-hitung berbantuan SPSS versi 20, berdasarkan hasil hitungnya
diketahui terdapat perbedaan segnifikan antara pre-tes dan pos tes, dengan
demikian model ini efektif untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:37 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4419 |