Model Pembelajaran Berbasis Masalah – Literasi Informasi Internet (PBM-LII)

Arwendria, Arwendria (2018) Model Pembelajaran Berbasis Masalah – Literasi Informasi Internet (PBM-LII). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_ARWENDRIA_1104305_1591_2019.pdf] Text
B1_7_08_ARWENDRIA_1104305_1591_2019.pdf

Download (428kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dan
mengembangkan model Pembelajaran Berbasis Masalah-Literasi Informasi
Internet (PBM-LII) yang valid, praktis, dan efektif pada mata kuliah Manajemen
Perpustakaan Digital (MPD); (2) untuk mendeskripsikan efektivitas model PBMLII
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dan (3)
mendeskripsikan efektivitas model PBM-LII untuk mengurangi plagiarisme.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang
mengintegrasikan ADDIE terhadap penelitian berbasis rancangan (PBR).
Validator penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) pakar subyek, 2 (dua) pakar
pembelajaran, dan 1 (satu) orang pakar bahasa Indonesia. Pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara tak terpandu, rubrik, dan
pengamatan dari dosen pendamping. Data terkumpul dianalisis secara deskriptif
untuk menentukan perkembangan keterampilan berpikir kritis; keterampilan
literasi informasi internet, dan tingkat plagiarism setelah mengikuti perkuliahan
MPD dengan menggunakan model PBM-LII. Dalam penelitian ini dihasilkan
suatu model pembelajaran yang valid dan praktis. Secara bertahap model PBMLII
efektif mengurangi keinginan mahasiswa untuk melakukan plagiarism, dan
meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, mahasiswa juga semakin
mampu mementukan kebutuhan informasinya, menggunakan strategi yang tepat
untuk mengakses sumber informasi dari internet, menilai, mengevalusai, dan
menggunakan informasi tersebut secara efektif dan etis

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Literasi Informasi Internet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:37
Last Modified: 24 Mar 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4417

Actions (login required)

View Item
View Item