Andromeda, Andromeda (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Integrated Guided Inquiry (IGI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_08_ANDROMEDA_1304357_5230_2018.pdf [thumbnail of B1_7_08_ANDROMEDA_1304357_5230_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_08_ANDROMEDA_1304357_5230_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran kimia di SMA saat ini,
masih belum optimalnya pelaksanaan kegiatan eksperimen, pembelajaran masih
didominasi kegiatan dalam kelas. Kegiatan eksperimen umumnya dilaksanakan
diakhir pembelajaran teori yang bertujuan untuk mengkonfirmasi konsep.Siswa
belum dilatih menemukan konsep, sehingga kimia terkesan sebagai ilmu yang
abstrak, berisi rumus-rumus dan bersifat hafalan. Hal ini menyebabkan keterampilan
proses sains siswa tidak berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan model pembelajaran integrated guided inquiry (IGI) untuk
meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pengembanganproduk menggunakan
model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu, Define, Design, Develop, dan
Disseminate. Instrumen pengumpul data berupa lembar observasi, angket, dan tes
hasil belajar. Validasi produk dilakukan oleh expert. Uji coba produk dilakukan pada
sejumlah siswa SMA di Kota Padang pada tahun ajaran 2016/2017. Uji coba
kelompok kecil dilakukan di SMAN 10 Padang dan pada skala yang lebih luas
dilakukan di SMAN 7 dan SMAN 13 Padang. Data validasi, praktikalitas, dan
efektifitas dianalisis menggunakan formula kappa Cohen’s dan teknik persentase,
berbantuan SPSS versi 16. Hasil analisis data diperoleh nilai rata rata KPS siswa di
sekolah uji coba adalah 84,3 dengan kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan
bahwa model pembelajaran IGI yang dikembangkanvalid, praktisdan efektif untuk
meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Berdasarkan temuan ini
direkomendasikan kepada guru-guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran
IGI dalam pembelajaran kimia di SMA.
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Integrated Guided Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:37 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4414 |