Sary, Muhtiani (2018) Pengembangan Kamus Konsep Materi Sejarah Indonesia Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_MUHTIANI_SARY_1302118_2966_2018.pdf [thumbnail of B1_02_MUHTIANI_SARY_1302118_2966_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_MUHTIANI_SARY_1302118_2966_2018.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh; 1) Keterbatasan peserta didik dalam mengingat dan memahami konsep-konsep pada mata pelajaran Sejarah Indonesia,sehingga diperlukan adanya sumber belajar yang memuat konsep-konsep yang
ada pada mata pelajaran Sejarah Indonesia; 2) Sumber Belajar kurang tersedia dan kurang Lengkap; 3) Kebaradaan kamus Sejarah Indonesia dan kamus tentang konsep-konsep yang ada pada mata pelajaran Sejarah Indonesia masih sulit
ditemukan; 4) Belum adanya sumber belajar seperti kamus dalam pembelajaran Sejarah Indonesia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan kamus konsep materi Sejarah Indonesia sebagai sumber belajar di
Sekolah Menengah Atas yang layak, dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini terdiri
dari 4 Tahapan pengembangan, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap develop (pengembangan) saja.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Kinali Kab.Pasaman Barat. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan produk berupa kamus konsep materi Sejarah Indonesia sebagai sumber belajar di Sekolah Menengah
Atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan dari ahli materi menyatakan kamus konsep materi Sejarah Indonesia menunjukkan kriteria layak digunakan dengan skor rata-rata kelayakan sebesar 3.23, sedangkan skor rata-rata kelayakan
dari ahli sumber belajar diperoleh skor 3,76 dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya untuk respon kepraktisan kamus yang didadapatkan dari guru diperoleh nilai sebesar 3,57 dengan kriteria sangat praktis. Serta kepraktisan juga
dilihat dari analisis jawaban angket respon yang diberikan kepada 34 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Kinali Kab Pasaman Barat. Hasil yang diperoleh sebesar 3.28 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian kamus konsep
materi Sejarah Indonesia yang diuji-cobakan terhadap peserta didik sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk membantu peserta didik memperkaya pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep yang ada pada mata
pelajaran Sejarah Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:35 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 07:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4408 |