Kontribusi Nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia SLTA, Penguasaan Strategi Membaca, dan Kekerapan Membaca terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Amir, Amril (2018) Kontribusi Nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia SLTA, Penguasaan Strategi Membaca, dan Kekerapan Membaca terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_AMRIL_AMIR_91675_5414_2018.pdf] Text
B1_7_08_AMRIL_AMIR_91675_5414_2018.pdf

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena keterampilan membaca pemahaman
mahasiswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal
maupun eksternal. Nilai ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia SLTA, penguasaan
strategi membaca, dan kekerapan membaca diasumsikan sebagai faktor yang
mempengaruhi tinggi-rendahnya keterampilan membaca pemahaman mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menguji kontribusi nilai UN
Bahasa Indonesia SLTA, strategi membaca, dan kekerapan membaca terhadap
keterampilan membaca pemahaman mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasinya
seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah umum Bahasa Indonesia Semester
Januari-Juni 2018 di Universitas Negeri Padang sejumlah 4996 orang, dan sampel
sebanyak 370 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional
stratified random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket skala likert
dan tes membaca pemahaman yang sudah diukur validitas dan reliabilitasnya.
Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi
sederhana, dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara rata-rata gambaran
penguasaan strategi membaca mahasiswa berada pada kategori sedang, (2)
kekerapan membaca mahasiswa berada pada kategori sedang, (3) keterampilan
membaca pemahaman mahasiswa berada pada kategori rendah, (4) tidak terdapat
kontribusi nilai UN Bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca
pemahaman mahasiswa sebesar 0% (R= 0,021, signifikansi 0,693), (5) terdapat
kontribusi penguasaan strategi membaca mahasiswa terhadap keterampilan
membaca pemahaman mahasiswa sebesar 31% (R= 0,557, signifikansi 0,000), (6)
terdapat kontribusi kekerapan membaca mahasiswa terhadap keterampilan
membaca pemahaman mahasiswa sebesar 13,8% (R= 0,371, signifikansi 0,000,
dan (7) terdapat kontribusi nilai UN Bahasa Indonesia, strategi membaca
mahasiswa, dan kekerapan membaca mahasiswa secara bersama-sama terhadap
keterampilan membaca pemahaman mahasiswa sebesar 36,5% (R= 0,604,
signifikansi 0,000).
Hasil penelitian ini dapat berimplikasi dalam proses perkuliahan Bahasa
Indonesia di pendidikan tinggi, dosen dapat menjadikan membaca sebagai
aktivitas awal dalam setiap pertemuan. Dosen bersama mahasiswa harus
mempersiapkan bahan bacaan singkat yang sesuai dengan konteks dan materi
perkuliahan dari berbagai sumber. Hal ini dapat meningkatkan penguasaan
strategi membaca dan intensitas (kekerapan) membacanya yang berkontibusi
terhadap tingkat pemahamannya terhadap bacaan. Selain itu, hasil penelitian ini
dapat dijadikan sebagai pemicu pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
dalam meningkatkan lima keterampilan berbahasa peserta didik (mendengarkan,
berbicara, membaca, menulis, dan memirsa)

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Nilai Ujian Strategi Membaca Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:35
Last Modified: 24 Mar 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item
View Item