Strategi Tindakan Tegas yang Mendidik dalam Proses Pembelajaran Klasikal (Studi pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kota Pekanbaru)

Diniaty, Amirah (2017) Strategi Tindakan Tegas yang Mendidik dalam Proses Pembelajaran Klasikal (Studi pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kota Pekanbaru). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_AMIRAH_DINIATY_14169035_5490_2017.pdf] Text
B1_7_08_AMIRAH_DINIATY_14169035_5490_2017.pdf

Download (600kB)

Abstract

Proses Pembelajaran berisi interaksi siswa dan guru yang dinamis, sehingga
siswa mampu berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggungjawab dengan
benar. Terjadinya perilaku siswa yang mengganggu (PSM) dalam proses
pembelajaran menimbulkan suasana negatif dan harus ditangani oleh guru dengan
tepat agar frekuensinya tidak meningkat. Guru kesulitan menangani PSM secara
efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model Strategi Tindakan Tegas
yang Mendidik (TTMd) yang efektif menangani PSM, dalam proses pembelajaran
klasikal Guru Mata Pelajaran (GMP) dan Guru Bimbingan Konseling (GBK).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop,
Implement, and Evaluation). Model yang dikembangkan yaitu strategi TTMd yang
diimplementasikan pendidik berpedoman pada Buku Panduan Strategi TTMd dan
Buku Pendamping. Populasi penelitian ini adalah siswa MAN 1 Pekanbaru
(mewakili SLTA khusus yang berada di pusat kota) dan SMAN 12 (mewakili
SLTA umum yang berada di daerah pinggir kota). Sampel diambil secara purposive
sampling yang sengaja dipilih dengan pertimbangan tertentu. Untuk guru dipilih
mewakili bidang ilmu eksakta yaitu matematika, ilmu sosial yaitu Bahasa
Indonesia dan Sejarah, dan Guru Bimbingan Konseling. Data diperoleh melalui
instrumen quesioner (dengan reliabilitas 0,9), pedoman observasi, dan pedoman
wawacara. Data kuantitatif hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif.
Data yang bersifat kualitatif yaitu hasil wawancara dan observasi didalami dan
dianalisis untuk melihat efektivitas strategi TTMd yang dikembangkan dalam
penelitian ini.
Hasil penelitian memperlihatkan terjadinya PSM dalam kondisi yang
bervariasi dan ada yang terjadi pada frekuensi cukup banyak (40-61%) khususnya
pelanggaran disiplin, yang terbanyak pada jurusan IPS. PSM yang penampilannya
cukup banyak terjadi itu, ditangani oleh GMP dan GBK secara tegas meskipun
tidak berupa hukuman, dengan makna strategi TTMd belum dilaksanakan.
Berdasarkan data awal itu disusunlah elemen pokok dan alur pelaksanaan strategi
TTMd, ke dalam Buku Panduan dan Buku Pendampingnya yang kemudian
dilatihkan pada GMP dan GBK. Hasil pengimplementasian strategi TTMd oleh
GMP dan GBK adalah siswa menyesali tingkahlaku mengganggu yang
dilakukannya dan terjadi perubahan positif sehingga PSM menjadi berkurang.
Dengan demikian, sebagai hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa
Strategi TTMd efektif sebagai model penanganan PSM

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Tegas Pembelajaran Klasikal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:35
Last Modified: 24 Mar 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item
View Item