Melina, Silfia (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Model Bermain Peran DiKelas V SD Negeri 11 Kampung Jua Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_SILFIA_MELINA_1108374_1515_2016.pdf [thumbnail of B1_6_SILFIA_MELINA_1108374_1515_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_SILFIA_MELINA_1108374_1515_2016.pdf
Download (650kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang belum
disajikan dengan cara menarik, menantang minat siswa, serta kurang
menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan masyarakat sehingga siswa
kurang aktif dalam pembelajaran dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS
belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan
model Bermain Peran di kelas V SDN 11 Kampung Jua Kota Padang.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan
siswa kelas V SDN 11 Kampung Jua Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) RPP pada siklus I
memperoleh nilai 73% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat 96,4% dengan
kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari
aspek guru meningkat dari 78,3% dengan kualifikasi baik (B) pada siklus I
meningkat menjadi 95% dengan kualifikasi sangat bai (SB) pada siklus II, pada
aspek siswa diperoleh rata-rata 75,8% dengan kualifikasi cukup (C) pada siklus I
meningkat menjadi 90% dengan kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II, c)
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa mengalami peningkatan dari
74,3 dengan kualifikai cukup (C) pada siklus I menjadi 86 dengan kualifikai baik
(B) pada siklus II. Dengan demikianmodel Bermain Perandapat meningkatkan
hasil belajar IPS di kelas V SDN 11Kampung Jua kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa Model Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:34 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4402 |