Hastuti, Sri (2022) Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa di Era New Normal. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SRI_HASTUTI_20151054_5465_2022 (2).pdf [thumbnail of B1_01_SRI_HASTUTI_20151054_5465_2022 (2).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SRI_HASTUTI_20151054_5465_2022 (2).pdf
Download (1MB)
Abstract
Dewasa ini dunia pendidikan berubah dari luring menjadi daring sehingga
siswa tidak bisa melepaskan diri dari himpitan yang menyebabkan siswa banyak
menunda-nunda tugas, telat mengumpulkan tugas, tidak dapat mengatur waktu
belajar, tidak berani bertanya ketika kesulitan memahami materi pelajaran,
kesulitan memahami instruksi guru, siswa harus menyediakan paket kuota, hal ini
menyebabkan siswa suka mengeluh, bingung, putus asa dan mudah menyerah,
siswa cemas, khawatir ketinggalan pelajaran, dan merasa bosan, kondisi itu
menunjukan permasalahan yang bersumber dari resiliensi. Berbagai himpitan
yang dialami siswa di era new normal belum ampuh dengan diberikan bimbingan
kelompok untuk penanggulangan hal itu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk (1) menganalisis perbedaan resiliensi siswa sebelum dibandingkan sesudah
mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif,
(2) menganalisis perbedaan sebelum dibandingkan sesudah mengikuti bimbingan
kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) menganalisis perbedaan resiliensi siswa
sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi
kognitif dibandingkan yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan
khusus.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 siswa, dan
diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan
10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan Simple
Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan
resiliensi siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok
menggunakan teknik restrukturisasi kognitif, (2) terdapat perbedaan yang
signifikan resiliensi siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok
tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan resiliensi siswa
yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik restrukturisasi kognitif
dan mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Oleh karena itu,
bimbingan kelompok teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan
resiliensi siswa di era new normal
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF, RESILIENSI SISWA DI ERA NEW NORMAL. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:34 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4393 |